PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS) DAN PRICE EARNING RATIO (PER) TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN LQ45 PERIODE 2017-2019

Authors

  • khairaningrum Mulyanti Politeknik Pos Indonesia
  • Amy Arsy Prasetyami Randus

DOI:

https://doi.org/10.47491/landjournal.v2i1.1031

Keywords:

Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Return Saham

Abstract

Perusahaan yang memiliki kinerja cukup baik akan lebih diminati oleh para investor. Kinerja perusahaan yang meningkat akan berpengaruh pada meningkatnya harga saham dan diharapkan return saham yang diterima investor meningkat. Salah satu kelompok perusahaan yang diminati oleh para investor adalah perusahaan-perusahaan yang masuk kedalam indeks LQ45. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh earning per share dan price earning ratio terhadap return saham baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis perumusan masalah asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan LQ45 yang terdaftar di BEI. Berdasarkan kriteria yang ada, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas data, korelasi product moment, korelasi berganda, regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t-test, dan uji f-test. Hasil penelitian ini menunjukkan baik secara parsial maupun simultan variabel earning per share dan variabel price earning ratio tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap return saham

References

Gitman, C. J. (2015). Principle Of Managerial Finance,Fourteenth Edition. Singapore: Pearson Education.

“Hartono, J. (2017). Teori Portofolio dan Analisis Investasi (Edisi 11). Yogyakarta: BPFE.”

Mathilda, M. (2017). Pengaruh Price Earning Ratio dan Price Book Value terhadap Return Saham Pada Perusahaan LQ45. Jurnal Akuntansi.

“Rahmawati, A. (2017). Pengaruh Earning Per Share (EPS) Return On Equity (ROE) dan Debt to Equity Ratio (DER) Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2011-2015. E-Journal”.

“Rifa, N. A. (2017). Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap Return Saham pada Subsektor keramik, porcelen, kaca yang terdaftar di BEI periode 2011-2016. Bandung: repository.upi.edu”.

“Sartono, A. (2016). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE”.

“Sugiyono, P. D. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta”.

Susiani. (2017). Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap Return Saham Pada Perusahaan SUB-SEKTOR INDUSTRI Periode 2013-2015. Jurnal Bisnis Indonesia.

“Tandelilin, E. (2017). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Yogyakarta: BPFE”.

“Wuldani, S. d. (2016). Pengaruh Price Earning Ratio (PER) dan Earning Per Share Terhadap Return Saham Pada PT. Unilever Indonesia. Jurnal Ekonomi Manajemen”.

Published

2021-01-31