PENGARUH BIAYA DISTRIBUSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN JASA BARANG DI JNE KUNINGAN

Authors

  • Cahyat Rohyana Politeknik Pos Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47491/landjournal.v2i1.1121

Keywords:

Biaya, Biaya Distribusi, Penjualan, Volume Penjualan

Abstract

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau yang sering kita kenal dengan JNE EXPRESS merupakan perusahaan swasta asal indonesia, yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman logistik yang berpusat di Jakarta. Dibawah nama resmi yang berlabel  Tiki Jalur Nugraha Ekakurir adalah perusahaan pengiriman terbesar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara biaya distribusi terhadap peningkatan volume penjualan jasa barang baik secara masing-masing ataupun bersamaan di JNE Kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis perumusan masalah asosiatif yang memiliki suatu hubungan sebab akibat (klausal). Dalam Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan JNE Kuningan serta populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh laporan keuangan JNE Kuningan dari awal berdirinya sampai dengan sekarang dengan pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya analisis deskriptif, korelasi product moment, regresi linier sederhana, koefisien determinasi, dan juga uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa biaya distribusi secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan.

References

Jurnal:

Devi, Lie, D., Butarbutar, M., & Halim, F. (2017). Peranan Harga Dan Biaya Distribusi Terhadap Volume Penjualan Pada Pt Permata Niaga Cabang Pematangsiantar. Maker, 3(2), 19–26. Diambil dari https://maker.ac.id/index.php/maker/article/download/63/63

Gusrizaldi, R., & Komalasari, E. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan Di Indrako Swalayan Teluk Kuantan. Jurnal Valuta, 2(2), 286–303. https://doi.org/10.1207/s15327914nc5502_1

Kurnia, Y. (2017). Pengaruh Biaya Pemasaran Terhadap Volume Penjualan, 04(01), 168–176.

Lanen, W. N., Anderson, S. W., & Maher, M. W. (2017). Dasar-dasar Akuntansi Biaya (Edisi 4 Buku 1). Jakarta: Salemba empat.

Mulyadi. (2015). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Putra, I. G. S., Susila, G. P. A. J., & Yulianthini, N. N. (2016). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, Dan Biaya Distribusi Terhadap Penjualan. Jurnal Manajemen Indonesia, 4(1). Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/6765/4624

Rasyid, R. A., & Suzan, L. (2018). Pengaruh Biaya Promosi Dan Biaya Distribusi Terhadap Penjualan (Suatu Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2012-2016). Jurnal AKSARA PUBLIC, 2(Agustus), 1–11. Diambil dari http://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/download/240/175/

Saragih, H. (2017). 149 Jurnal Ilmiah Methonomi Vol. 3 No. 2 (Juli – Desember 2017), 3(2).

Sendouw, S. N., & Soepeno, D. (2018). Strategi Promosi Dan Saluran Distribusi Yang Efektif Guna Meningkatkan Volume Penjualan Pada Pt. Astra Internasional Tbk. Daihatsu Manado. Emba, 6(3), 1088–1097. Diambil dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/download/20064/19670

Buku:

Subagyo, Masruroh, N. A., & Bastian, I. (2018). Akuntansi Manajemen Berbabis Desain. Yogyakarta.

Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. ALFABETA.

Sugiyono. (2017b). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. ALFABETA.

Published

2021-01-31