PENGARUH FIXED ASSET TURN OVER DAN CURRENT RATIO TERHADAP ROA PADA SUB SEKTOR SEMEN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2015-2019

Authors

  • Indra Firmansyah polpteknik pos indonesia
  • Muhammad Yusuf Syarifudin

DOI:

https://doi.org/10.47491/landjournal.v2i2.1343

Keywords:

Fixed Asset Turn Over, Current Ratio,, Return On Asset

Abstract

Perusahaan mempunyai tujuan untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya yang dijadikan tuntutan agar perusahaan dapat menjaga kelangsungan hidup perusahaan dan berupaya mengembangkan usahanya seiring berkembangnya zaman. Analisis rasio keuangan dilakukan untuk menilai kinerja perusahaan dalam mewujudkan tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh fixed asset turn over dan current ratio terhadap return on asset. Penelitian ini dilakukan pada Perusahaan sub sektor semen yang terdaftar di BEI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis perumusan masalah asosiatif bentuk hubungan kausal. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan Sub sektor semen yang tedaftar di BEI dan pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik sampling purposive. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, korelasi product moment, korelasi berganda, regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial fixed asset turn over tidak berpengaruh terhadap variabel return on asset. Dan terdapat pengaruh yang signifikan antara current ratio terhadap return on asset. Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara fixed asset turn over dan current ratio terhadap return on asset.

References

Endri Endri, L. S. (2020). Pengaruh CR, FATO, TATO, dan DER Terhadap ROA pada Sub Sektor Farmasi yang Tercatat di BEI Periode 2014-2018. Jurnal Farmasi.

Hery. (2016). Analisis Laporan Keuangan. PT Grasindo.

Kariyoto. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Universitas Brawijaya Press.

Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. PT Rajagrafindo Persada.

Lasrya, E., & Ningsih, O. (2020). Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Persistensi Laba Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. 1(1), 16–31.

Putri, A. . A. G., & Supadmi, N. L. (2016). Penhgaruh Tingkat Hutang dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Persistensi Laba Pada Perusahaan Manufaktur. 15, 915–942.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualiitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. CV Alfabeta.

Yanti, N. W., & Chandra, S. (2019). Pengaruh Cr, Dar, Tato Dan Tangibility Terhadap Roa Pada Perusahaan manufaktur. Jurnal Akuntansi, Vol 3 No 1.

Published

2021-09-27

Issue

Section

Articles