PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN BUMN YANG TERDAFTAR DI BEI UNTUK TAHUN 2017-2019

Authors

  • khairaningrum Mulyanti Politeknik Pos Indonesia
  • Mutia Nurfadhillah

DOI:

https://doi.org/10.47491/landjournal.v2i2.1345

Keywords:

Nilai Perusahaan, Kepemilikan Manajerial, pengungkapan CSR

Abstract

Memaksimumkan nilai perusahaan adalah tujuan utama yang dilaksanakan oleh suatu perusahaan.“Terdapat beberapa faktor dalam mempengaruhi nilai perusahaan yaitu salah satunya kepemilikan manajerial dan pengungkapan corporate social responsibility. Kepemilikan manajerial”memegang peranan penting dalam mengelola perusahaan agar kinerja perusahan lebih terkendali dalam memaksimalkan nilai perusahaan. Disamping itu, perusahaan yang menerapkan CSR dapat menciptakan nilai tambah untuk stakeholders sehingga berpengaruh terhadap kelangsungan hidup perusahaan.“Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial dan pengungkapan corporate social responsibility pada nilai perusahaan. Metode pengumpulan data dengan menggunakan purposive sampling pada perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI untuk tahun 2017-2019. Metode penelitian menggunakan uji analisis hipotesis berupa model regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan dan pengungkapan CSR berpengaruh negatif signifikan pada nilai”perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian secara simultan bahwa kepemilikan manajerial dan pengungkapan CSR tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

References

Alamsyah, A. R., & Muchlas, Z. (2018). Pengaruh Struktur Kepemilikan, Struktur Modal, Dan Ios Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Terdaftar Di Bei. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 12(1), 9-16.

Ediana , I. D. M. (2019). Implementasi Corporate Governance Pada Corporate Social Responbility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi (JUARA), 9(1), 92-100.

Franita, R. (2018). Mekanisme Good Corporate Governance dan Nilai Perusahaan Studi Untuk Perusahaan Telekomunikasi. Medan: Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian Dan Penulisan Ilmiah AQLI.

Hamdani, M. (2016). Good Corporate Governance (GCG) Dalam Perspektif Agency Theory. Semnas Fekon(2000), 279-283.

Kompas. (2020, 02 26). Deretan BUMN Tersandung Kasus pada Era Erick Thohir. Retrieved from https://money.kompas.com/

Prastuti, N. K., & Budiasih , I. N. (2015). Pengaruh Good Corporate Governance Pada Nilai Perusahaan Dengan Variabel Moderasi Corporate Social Responsibility. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 13(1), 114-129.

Pristianingrum, N. (2017). Pengaruh Unkuran, Profitablitas, Dan Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. UNEJ e-Prosiding, 353-364.

Rahmadani, F. D., & Rahayu, S. M. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance (GCG), Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis, 52 (1), 173-182.

Ramona, S. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Skripsi, 4-14.

Republika. (2019). Perombakan Direksi Perbaiki Kinerja Garuda. Retrieved 9 Desember 2019 from Ekonomi: https://republika.co.id/

Republika. (2019). Pemerintah akan Evaluasi Penggunaan Dana CSR BUMN. Retrieved pada 16 Desember 2019 from https://republika.co.id/: https://republika.co.id/

Sa’diyah, K., & Wuryani, E. (2019). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan. AKUNESA : Jurnal Akuntansi Unesa, 8(1).

Suastini, N. M., Purbawangsa, I. B., & Rahyuda, H. (2016). Pengaruh Kepemilikan Manajerial Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia (Struktur Modal sebagai Variabel Moderasi). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 5(1), 43-172.

Subagyo, Masruroh, N. A., & Bastian, I. (2018). Akuntansi Manajemen Berbasis Desain. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Utomo, M. N. (2019). Ramah Lingkungan dan Nilai Perusahaan. Surabaya: CV. Jakad Publishing.

Wati, D. N. (2019). Model Corporate Social Responsibility (CSR). Jawa Timur: Penerbit Myria Publisher.

Wibowo, S., Yokhebed, & Tampubolon, L. D. (2016). Pengaruh CSR Disclosure Dan GCG Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening Di Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia . Unisbank Semarang, 926-935. doi: 978-979-3649-96-2

Wwww.bumn.go.id

www.idx.co.id

www.pusatis.com

Published

2021-09-27

Issue

Section

Articles