PENGARUH BEBAN PENJUALAN DISTRIBUSI TERHADAP PENJUALAN BERSIH PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2014-2018
DOI:
https://doi.org/10.47491/landjournal.v3i1.1745Keywords:
Beban Penjualan Distribusi, Penjualan BersihAbstract
Saat ini dunia usaha sudah sangat berkembang dan tingkat persaingan ditiap perusahaan menjadi semakin ketat. Sehingga apabila produk tersebut sedang menjadi kebutuhan konsumen, maka penjualan bersihnya akan meningkat dan pemasaran pun akan bertambah dan menimbulkan beban penjualan distribusi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui beban penjualan distribusi, penjualan bersih, dan pengaruh beban penjualan distribusi terhadap penjualan bersih pada perusahaan manufaktur makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2014-2018. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif dengan sampel laporan laba rugi pada perusahaan manufaktur yang menjadi objek penelitian. Hipotesis yang ditetapkan uji satu pihak. Metode pemilihan sampel menggunakan menggunakan teknik non probability sampling yakni sampling purposive dan menghasilkan jumlah sampel sebanyak enam perusahaan manufaktur makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2014-2018. Teknik analisis yang digunakan korelasi product moment, regresi linier sederhana, koefisien determinasi, dan uji t. Perhitungan statistik menggunakan SPSS for windows 25. Penelitian ini menunjukan bahwa beban penjualan distribusiberpengaruh signifikan terhadap penjualan bersih secara parsial.”
References
Asrida. (2015) Pengaruh Biaya Distribusi Dalam Usaha Meningkatkan Volume Penjualan Di Bayu Asri Mesari Grosir Vol.3 No.1 Februari 2015”
“Bursa Efek Indonesia (https://www.idx.co.id/perusahaan-tercatat/laporan-keuangan-dan-tahunan/ diakses 2 mei 2020)”
“Lanen, W. N., Anderson, S. W., & Maher, M. W. (2017). Dasar-dasar akuntansi biaya (Edisi 4 Bu). Salemba Empat”
“Mulyadi. (2015). Akuntansi Biaya. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.”
“PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. (https://www.indofood.com/company/indofood-at-a-glance/ diakses 28 Juni 2020)”
“PT. Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk. (https://tpsfood.id/our-company/tentang-kami/ diakses 28 Juni 2020)”
“PT. Multi Bintang Indonesia Tbk (https://www.multibintang.co.id/id/company/company-profile/ diakses 28 Juni 2020)”
“PT. Akasha Wira International Tbk. (https://www.akashainternational.com/id_ID/our-profile/ diakses 28 Juni 2020) PT. Tunas Baru Lampung Tbk. (https://www.tunasbarulampung.com/company/ diakses 28 Juni 2020)”
“PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk. https://www.japfacomfeed.co.id/id/about-us/vision-mission-values/ diakses 28 Juni 2020)”
“Rasyid, A. dan, suzan,L. (2018) Pengaruh Biaya Promosi dan iaya distribusi terhadap Penjualan (suatu studi perusahaan manufaktur Sektor food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek indonesia 2012-2016)”
saragih, h. (2017). 149 jurnal ilmiah methonomi vol. 3 no. 2 (juli – desember 2017). 3(2).
sari, i., rifa, a., dan, m., program, d., administrasi, s., & fisipol, b. (2018). analisis faktor-faktor yang mempengaruhi volume penjualan sepeda motor yamaha jupiter z pada pt . alfa scorpii pekanbaru. 1–22.
sugiyono. (2017). metode kuantitatif, kualitatif dan r&d. alfabeta.
yulihartika.(2015).pengaruhbiaya distribusi terhadap jumlah penjualan pupuk pada pt. pertani (persero) cabang bengkulu (Juli-Desember 2015).