ANALISIS PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA ANGGOTA KSPPS KARISMA KANTOR CABANG GRABAG

Authors

  • Umi Hidayati Universitas Tidar
  • Chaidir Iswanaji
  • Ari Nurul Fatimah

DOI:

https://doi.org/10.47491/landjournal.v3i2.2109

Keywords:

Pembiayaan Murabahah, Maisyir, Gharar, Haram, Riba

Abstract

Pembiayaan Murabahah merupakan akad jual beli barang dengan harga yang lebih tinggi dari harga pokok yang disepakati antara penjual dan pembeli. Akad murabahah sangat banyak diminati oleh masyarakat terutama membiayai kegiatan perdagangan dan mengurus kegiatan usaha anggota. Penelusuran ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembiayaan murabahah yang dilakukan oleh KSPPS KARISMA Kantor Cabang Grabag. Kajian ini membahas tentang penerapan akad murabahah, tata cara dan pelaksanaan akad murabahah bagi anggota di KSPPS KARISMA Kantor Cabang Grabag, serta kesesuaian penerapan akad murabahah dengan prinsip syariah. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan melakukan observasi dan pendalaman dengan wawancara untuk mendapatkan data secara primer maupun data sekunder. Hasil kajian yang telah dilakukan penulis menunjukan bahwa analisis pembiayaan akad murabahah sejalan dengan prinsip syariah. Terdapat bukti pembiayaan tidak menemukan suatu hal yang bertentangan dengan ajaran Islam. Contohnya istilah yang mengandung unsur maisyir, gharar, haram, dan riba.

References

Anwar, A. Z. (2018). "Analisis PembiayaanMurabahah pada BMT Aman Utama Jepara", Jepara :

UNISNU, Vol 1 No. 2.

Buana, R. (2014). "Analisa Pembiayaan Murabahah Pada Griya IB Hasanah di Bank Syariah Cabang Pembantu Ungaran", Tugas Akhir, Salatiga : STAIN.

Faerdi, D. A. (2016). "ImplementasiProduk Pembiayaan Murabahah di KSPPS BMT EL Amanah

Kendal", Tugas Akhir, Semarang : UIN Walisongo .

Muhammad, R. (2018). Buku Akuntansi Keuangan Syariah; Konsep dan Implementasi PSAK Syariah. Yogyakarta: Penerbit P3EI.

Rina, H. A. (2016). "Implementasi 5C Dalam Proses Analisis PembiayaanMurabahah di KJKS BMT Walisongo Semarang", TugasAkhir, Semarang :UIN Walisongo.

2.

Rochmah, I. N. (2016). "Analisis Implementasi Pembiayaan

AkadMurabahah pada KJKS :

BMT Karisma Magelang",Tugas Akhir, Salatiga

Published

2022-07-01

Issue

Section

Articles