PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENJUALAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2020-2021
DOI:
https://doi.org/10.47491/landjournal.v4i1.2747Abstract
Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yakni bagian untuk menghasilkan kepentingan penduduk pada kegiatan harian. Dengan adanya fenomena yang menyatakan bahwa terdapat penurunan penjualan hal demikian menarik penulis melakukan penelitian lebih lanjut. Penelitian kali ini dipergunakan dalam membuktikan pengaruh biaya promosi terhadap penjualan pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2020-2021. Penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini yakni sekunder. Hipotesis di penelitian ini memakai uji dua pihak. Teknik analisis memakai uji normalitas, korelasi product moment, analisis koefisien determinasi, dan uji t. Perhitungan statistik menggunakan SPSS for windows version 26. Hasil dari pengujian menyatakan bahwa secara parsial biaya promosi mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap penjualan.
References
Agryani, T. (2020). The Effect Of Promotion Costs On Car Sales at PT. Auto 2000 Bintaro.
Aulia, R. (2021). Analisis Sistem Pengendalian Intern Pembelian dan Penjualan Batubara Pada PT. Berkat Banjar Mandiri Kabupaten Banjar. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis.
Ayu Sri Rahayu. (2018). Pengaruh Biaya Iklan dan Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Mobil Avanza Pada PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin Di Kota Makassar. Jurnal Ekonomi.
Ershad Al Wildhy dan Mulia Andirfa. (2018). PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. IMA MONTAZ SEJAHTERA LHOKSEUMAWE. Jurnal Akuntansi Dan Pembangunan.
Faithoni, A. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Mobil dalam Perspektif Ekonomi Islam.
Keller, K. (2017). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Mohammad Irkav, Oktori Kiswati Zaini, S. H. R. (2021). PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENJUALAN MOBIL TOYOTA PADA PLAZA TOYOTA TENDEA.
Mulyadi. (2017). Sistem Akuntansi (Salemba Empat (ed.); 4th ed.).
Wijayanti, A. V. (2021). PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP PENJUALAN PADA PT. ARWANA CITRAMULIA TBK. TAHUN 2012-2019. Jurnal Akuntansi.