PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN INDUSTRI SUB SEKTOR OTOMOTIF DAN KOMPONEN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2017-2021

Authors

  • Jaka Maulana Politeknik Pos Indonesia
  • Anjelina Siregar

DOI:

https://doi.org/10.47491/landjournal.v4i1.2750

Keywords:

Pertumbuhan Penjualan, Harga Saham

Abstract

Setiap perusahaan yang didirikan memiliki tujuan yang ingin dicapai. Perusahaan memiliki tujuan untuk memperoleh saham yang baik dengan meningkatkan pertumbuhan penjualan. Untuk itu perlu diketahui bagaimana pertumbuhan penjualan yang ada di perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pertumbuhan penjualan terhadap harga saham. Data yang digunakan dari penelitian ini adalah laporan keuangan yang didapat dari perusahaan industri sub sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di BEI tahun 2017-2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan industri sub sektor otomotif dan komponen, serta pengambilan sampling dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan metode nonprobability sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, analisis korelasi product moment, analisis regresi linear sederhana, koefisien determinasi, uji t. Perhitungan statistik menggunakan SPSS for windows version 26. Penelitian ini menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh secara parsial terhadap harga saham

References

Fransiska F.W. Bailia, d. (2017). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Dividend Payout Ratio dan Debt To Equity Ratio Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Property di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi.

Handoko, S. d. (2018). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Harahap, S. S. (2017). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Hartono, J. (2020). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE.

Houston, E. F. (2019). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jawa Timur: Salemba Empat.

Machowicz, J. C. (2017). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Novianti, W. (2017). Sumber Pembiayaan Jangka Panjang. Bandung: UNIKOM.

Pakarti, P. A. (2017). Pengantar Pasar Modal. Jakarta: Rineka Cipta.

Silaen, S. (2017). Metodologi Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Bogor: In Media.

Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2023-02-05