PENGARUH LABA BERSIH TERHADAP CASH DIVIDEND PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Authors

  • khairaningrum Mulyanti Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.47491/landjournal.v4i1.2978

Keywords:

Laba Bersih, Cash Dividend

Abstract

Cash dividend adalah pembagian bentuk kas secara proposional kepada setiap pemegang saham, pada perusahaan Multi Bintang Indonesia tidak membagikan dividen tambahan selain dividen iterim pada November 2019 karena pada tahun 2020 mengalami penurunan laba bersih. Tujuan riset yaitu memahami dampak yang terjadi diantara laba bersih dengan cash dividend pada badan usaha yang bergerak dibidang produksi minuman maupun makanan. Riset yang dilakukan mengimplementasikan teknik kuantitatif begitu pula dengan teknik perumusan permasalahannya dan mengambil populasi dari perusahaan yang sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang bergerak di bidang produksi minuman maupun makanan. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling, sampel yang digunakan adalah laporan laba rugi dan laporan arus kas pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman tahun 2019-2021 dengan total sampel sebanyak 36 laporan keuangan. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisi Korelasi Product Moment, Analisi Regresi Linier Sederhana, Analisi Koefisien Determinasi dan Uji t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa Laba Bersih memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Cash Dividend.

References

Bisnis.com. (2020). Terdampak Pandemi, Multi Bintang (MLBI) Tak Bagikan Dividen Tambahan. https://market.bisnis.com/read/20200828/192/1284404/terdampak-pandemi-multi-bintang-mlbi-tak-bagikan-dividen-tambahan

Hery. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Grasindo.

Kieso. (2018). Pengantar Akuntansi 2. Salemba Empat.

Reeve, J. M. (2018). Pengentar Akuntansi. Salemba Empat.

Rudianto. (2017). Pengantar Akuntansi Konsep & Teknik Penyusunan Laporan Keuanagan. Erlangga.

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles