PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN PELAPORAN TERINTEGRASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Medianto Suryo Universitas Sangga Buana YPKP Bandung
  • Dikdik Maulana Universitas Sangga Buana YPKP Bandung

DOI:

https://doi.org/10.47491/landjournal.v5i1.3018

Keywords:

Nilai perusahaan, pelaporan terintegrasi, Financial Leverage, ukuran perusahaan

Abstract

Perusahaan adalah sebuah organisasi yang mencakup sekelompok individu yang bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi. Nilai perusahaan yang tinggi merupakan keinginan pemilik perusahaan, karena nilai yang tinggi menunjukkan bahwa kekayaan pemegang saham juga tinggi Investor juga lebih tertarik untuk menanamkan sahamnya pada perusahaan yang memiliki prospek bagus untuk meningkatkan shareholder value, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Financial Leverage dan Ukuran Perusahaan, terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Pelaporan Terintegrasi sebagai Variabel Intervening. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2019 berjumlah 671 perusahaan, serta pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan kriteria tertentu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah koefisien korelasi, uji normalitas data, analisis jalur, analisis regresi linier sederhana, analisis koefisien determinasi, uji-t dan uji-f. Perhitungan  statistik  menggunakan  SPSS for windows  version 22. Penelitian  ini menunjukkan  bahwa  Financial Leverage dan Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Pelaporan Terintegrasi sebagai Variabel Intervening dan telah berpengaruh secara parsial.

References

Brealey, R. A., et al. (2011). dasar-dasar manejemen keuangan perusahaan (Jilid. 2; B. Sabran,ed.). Jakarta: Erlangga.

Brigham, E. F., & J. F. Houston. 2015. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Buku I Jakarta:

Salemba Empat.

De Villiers, C. J., Hsiao, P. C. K., & Maroun, W. (2017). Developing a conceptual model of influences around Integrated Reporting, new insights and directions for future research. Meditari Accountancy Research, 25(4), 450-460.

Fahmi, Irham. 2017. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Hery. 2014. Kajian Riset Akuntansi. (A. Pramono, Ed.) Jakarta: PT. Grasindo.

Indriyani, Eka. 2017. Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Akuntabilitas: Jurnal Ilmu Akuntansi Volume 10 (2), Oktober 2017 P-ISSN: 1979-858X; E-ISSN: 2461-1190 Page 333 – 348.

Knauer & Serafeim (2014).”Attracting long?term investors through integrated thinking and reporting: a clinical study of a biopharmaceutical company”. Journal Applied Corporate Finance, Spring 2014, Vol. 26, Issue 2.

Kustiani, N.A. (2017). Penerapan Elemen-Elemen Integrated Reporting pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Info Artha, 3(4), 44–61.

Novari, P., & Lestari, P. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Properti Dan Real Estate. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana.

Nurfaza, Gustyana dan Iradianty (2017), Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Sektor Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015), e-Proceeding of Management : Vol.4, No.3 Desember 2017.

PwC. (2012). Integrated Reporting: The Future of Corporate Reporting.

https://doi.org/10.1057/978-1-137-52766-0_21

Sugiyono. (2018). Memahami Penelitian Kualitatif”. Bandung : ALFABETA. Arikunto, S.

Husein Umar (2005). Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Published

2024-01-12