PENGARUH PERANAN AUDITOR INTERNAL TERHADAP PENCEGAHAN KECURANGAN PADA DIREKTORAT METROLOGI KEMENTERIAN PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA

Authors

  • MUHAMMAD RIZAL SATRIA UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL
  • Nina Lestarina UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL

DOI:

https://doi.org/10.47491/landjournal.v5i1.3383

Keywords:

Direktorat Metrologi, Peranan Auditor Internal, Pencegahan Kecurangan

Abstract

Direktorat Metrologi Bandung adalah salah satu institusi pemerintahan dibawah kementrian perdagangan yang bergerak dalam menangani kegiatan metrologi legal yaitu perlindungan konsumen khususnya dalam menjaga standar- standar yang digunakan dalam perdagangan di Indonesia. Sebelum kecurangan terjadi dalam suatu perusahaan atau organisasi maka dibentuk pengawasan yang dilakukan oleh audit internal dalam menjalankan suatu perusahaan atau organisasi yang tentunya akan dilakukan oleh ahli professional dalam bidang audit yaitu auditor internal perusahaan. Dengan adanya internal audit diharapkan mampu mencegah kecurangan yang ada pada suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dengan metode penelitian yaitu kuantitatif dan penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Normalitas, Uji Korelasi Rank Spearman, Uji Koefisien Determinasi, Uji Regresi Linier Sederhana, Uji Hipotesis (Uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan auditor internal terhadap pencegahan kecurangan pada Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan RI memiliki hubungan variabel kuat yaitu sebesar 0,686 dan berdasarkan hasil uji regresi sederhana yang diperoleh nilai positif serta tingkat signifikannya sebesar 0,000 < 0,005 yang dimana jika t hitung > t tabel artinya Ho ditolak dan Ha diterima sedangkan jika sebaliknya t hitung < t tabel maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dalam penelitian ini menyatakan bahwa peranan auditor internal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pencegahan kecurangan pada Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

References

Algoes, S. (2019). Aluditing. Sallembal Empalt.

Algoes, Sukrisno. (2017). Aluditing Petunjuk Pralktis Pemeriksalaln Alkuntaln Oleh Alkuntaln Publik Buku 1. Jalkalrtal: Sallembal Empalt.

Alrum Alrdialningsih. (2018). Aludit Lalporaln Keualngaln. Bumi Alksalral.

Nurlalelal, Elal. (2021). Pengalruh Peralnaln Aluditor internall daln Profesionallisme aluditor terhaldalp pencegalhaln kecuralngaln dengaln pengallalmaln sebalgali valrialbel moderalsi

Ghozalli, Imalm. (2018). Alplikalsi Alnallisis Multivalrialte dengaln Progralm IBM SPSS 26. Baldaln Penerbit Universitals Diponegoro: Semalralng

Hery. (2019). Aluditing daln Alsuralns. Jalkalrtal. Gralsindo.

Hidalyalt, Zullalikal. (2018). Pengalruh Budalyal Etis Orgalnisalsi, Sistem Pengendallialn Internall, Alsimetri Informalsi Daln Kesesualialn Kompensalsi Terhaldalp Kecuralngaln (Persepsi Pegalwali Dinals Di Kalbupalten Kepulalualn Mentalwali). JOM FEB, Universitals Rialu, 1.

Kalralmoy. (2019). Pengalruh Peraln Aluditor Internall Terhaldalp Upalyal Pencegalhaln daln Pendeteksialn Kecuralnalgaln: studi kalsus di PT Sumber Palngaln Gisindo.

Lorensal et all (2018). Aluditing Sistem pengalwalsaln Internall. Jalkalrtal

Mulyaldi. (2018). Aluditing. Sallembal Empalt.

Rali, G. Al. (2017). Aludit Kinerjal. Sallembal Empalt.

Salfualn, S. (2018). Palndualn Pralktis Aluditor Internall. Balndung: Allfalbetal.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitialn, Kualntitaltif daln Kuallitaltif. Allfalbetal

Sugiyono. (2018). Metode Penelitialn, Kualntitaltif, Kuallitaltif daln R&D. Allfalbetal.

Sugiyono. (2019). Staltistik Untuk Penelitialn. Balndung: Alfalbetal.

Lembalgal Penerbit Falkultals Ekonomi Universitals Indonesial

Utomo, Lalnggeng Pralyitno. (2018). “Kecuralngaln Dallalm Lalporaln Keualngaln ‘Menguji Teori Fralud Trialngle.’” Jurnall Alkuntalnsi Daln Paljalk 19 (01): 77– 88.

Yuriswalrti. (2017). Pengalruh Peraln Aludit Internall Terhaldalp Pencegalhaln Kecuralngaln Paldal Perusalhalaln Perbalnkaln Di Pekalnbalru.

Winwin daln Albdulloh. (2017). Kuallitals Pelalporaln Keualngaln. Jalkalrtal: Kencalnal.

https://kalbalr24.bisnis.com

www. googlemalps.com

https://goodstalts.id/

Published

2024-01-12