PENGARUH AUDIT OPERASIONAL TERHADAP SISTEM AKUNTANSI PENJUALAN PADA PT. CARDIG LOGISTIK INDONESIA

Authors

  • Dr Indra Firmansyah Indra Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Elok Melinia Dian Rahayu Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.47491/landjournal.v5i1.3394

Keywords:

Audit Operasional, Sistem Akuntansi Penjualan

Abstract

Perusahaan-perusahaan di Indonesia saat ini semakin bekembang pesat, hal ini ditandai dengan semakin banyaknya dan beratnya persaingan dunia usaha, seperti perusahaan-perusahaan jasa. PT Cardig Logistik Indonesia (CLI) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang logistik di Indonesia.  penerapan sistem penjualan pada perusahaan-perusahan masih banyak yang belum efektif, seperti adanya penggelapan dana yang dilakukan oleh pihak pemasaran yang tidak memberikan laporan yang sesuai dengan penjualan yang sebenarnya serta tidak adanya pencatatan laporan keuangan yang jelas. Oleh karena itu diperlukan suatu sarana yang dapat menilai aktivitas manajemen dalam kegiatan operasi perusahaan yaitu berupa audit operasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan audit operasional, sistem akuntansi penjualan, dan pengaruh audi operasional terhadap sistem akuntansi penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan melakukan survey lalu menggambarkan, menganalisis dan kemudian menarik kesimpulan. Analisa data yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Regresi  Linier Sederhana, Uji Korelasi, Koefisien  Determinasi,  Uji  t  dengan  menggunakan  alat  uji  SPSS  26. Hasil mengujian uji t yang di lakukan menggunakan SPSS, didapatkan hasil yaitu  terdapat pengaruh yang signifikan audit operasional terhadap sistem akuntansi penjualan.

References

Algoes, S. (2017). Aluditing : Petunjuk Pralktis Pemeriksalaln Alkuntaln oleh Alkuntaln Publik , Buku 1, Edisi 5.

Alrens, Ralndall, daln B. (2017). Aluditing & Jalsal Alssuralnce Pendekaltaln Integralsi Edisi Kedualbelals. Erlalnggal, Jalkalrtal.

Balyalngkalral, I. (2017). Aludit Malnaljemen Prosedur daln Implementalsi. Jalkalrtal, Sallembal Empalt.

Mulyaldi. (2014). Aluditing. Sallembal Empalt.

Mulyaldi. (2017). Sistem Alkuntalnsi (Ke 4). Sallembal Empalt.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitialn Kualntitaltif, Kuallitaltif, daln R&D. Allfalbetal.

Suhalrdalni, L., Sualrthalnali, W. R., & Surono, S. E. (2017). Peraln Aludit Operalsionall dallalm Menunjalng Efektivitals Penjuallaln paldal PT. JPS. Jurnall Online Malhalsiswal (JOM) Bidalng Alkuntalnsi, 5(5), 1–12.

Sujalrweni, V. W. (2019). Sistem Alkuntalnsi. Pustalkal Balru Press.

Tualnalkottal, Theodorus M. (2014). Aludit Berbalsi ISAl (Internaltionall Stalndalrds on Aluditing).

Published

2024-01-12