ANALISIS PENGARUH ROE, NPM DAN DER TERHADAP HARGA SAHAM

Authors

  • Yulistina Yulistina Universitas Mitra Indonesia
  • Evi Kuniasih Universitas Mitra Indonesia
  • Dewi Silvia Universitas Mitra Indonesia
  • Nur Salma Universitas Mitra Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47491/landjournal.v5i2.3545

Keywords:

ROE, NPM, DER, Harga saham

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ROE,NPM, dan DER terhadap harga saham pada perusahaan sektor textile dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2020. Penelitian ini merupakan jenis data kuantitatif dengan sumber data sekunder yang diperoleh jumlah sampelnya sebanyak 35 sampel. Teknik pengambilannya menggunakan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis yang terdiri dari uji koefisien determinasi (R2), UJI F, dan uji T. berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa variabel independen ROE,NPM,dan DER berpengaruh secara simultan terhadap harga saham, Sedangkan secara parsial ROE berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham, NPM tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap harga saham, DER tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap harga saham pada perusahaan sektor textile dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2020.

References

Ariestya dan Suryana. (2013). Pengaruh EPS, DER, dan PBV Terhadap Harga Saham.https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/5924/4803

Fitrianingsih, Dwi, and Yogi Budiansyah. "Pengaruh Current Rasio Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Harga Saham Di Perusahaan Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013–2017." Jurnal Riset Akuntansi Terpadu 12.1 (2019).

Hartono,Jogiyanto. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Kesepuluh.Jogjakarta,2016.

Hasan Iqbal,Mishabudsin. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, PT Bumi Aksara, Jakarta,2014.

Husaini, Achmad. "Pengaruh Variabel Return On Assets, Return On Equity, Net Profit Margin Dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham Perusahaan." Profit: Jurnal Administrasi Bisnis 6.1 (2012)

Hutami, R. P. Pengaruh Dividend Per Share, Return On Equity Dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham Perusahaaan Industri Manufaktur Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2010. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 1(2), 104-123.2012

Kasmir,.Analisis Laporan keuangan.Depok:PT Raja Grafindo Persada.2016 Lestari, Indah Sulistya Dwi, and Ni Putu Santi Suryantini. "Pengaruh CR, DER,

Mujiono, Hangga Pradika, and Prijati Prijati. "Pengaruh CR, DER, ROA, dan EPS Terhadap Harga Saham Food and Beverages." Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM) 6.3 (2017).

Murhadi, Werner R. 2015. Analisis Laporan Keuangan (Proyeksi dan Valuasi Saham).Jakarta: Salemba Empat.

Prihadi, Toto. (2019). Analisis Laporan Keuangan, Konsep dan Aplikasi. Jakarta. PT. Gramedia dan Pustaka Utama

Rahmadewi, Pande Widya, and Nyoman Abundanti. Pengaruh EPS, PER, CR dan ROE terhadap harga saham di Bursa Efek Indonesia. Diss. Udayana University, 2018.

Santy, V. A. D., & Triyonowati, T. Pengaruh ROA, ROE, dan EPS terhadap Harga Saham PT. Garuda Indonesia Tbk. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(9).2017

Sanusi,Anwar.Metode Penelitian Bisnis.Jakarta Selatan:Selemba Empat. 2011 Sarjono.H,Julianita.WSpss vs Lisrel: Sebuah Aplikasi Untuk Riset.

Yulistina, Dewi S. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Return Saham Dampak terhadap Financial Distress." Jurnal Akuntansi dan Keuangan (JAK) jilid2 (2020).

Published

2024-07-08

Issue

Section

Articles