Pengaruh Fungsi Audit Internal Terhadap Penerapan Good Corporate Governance (Study Kasus Pada Perusahaan PT Sinar Niaga Sejahtera)

Authors

  • khairaningrum Mulyanti Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Sakinah Rizki Hasibuan Universitas Logistik Dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.47491/landjournal.v5i2.3602

Keywords:

Internal Audit, Good Corporate Governance

Abstract

Audit internal mendukung organisasi dalam mencapai tujuannya untuk mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas manajemen risiko, pengendalian dan proses manajemen dengan menerapkan tata kelola perusahaan yang baik yang disebut Good Corporate Governance (GCG) sehingga dapat menambah nilai bagi perusahaan dengan meningkatkan efisiensi perusahaan. Dan mengurangi risiko yang dapat diambil saat mengambil keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fungsi audit internal terhadap penerapan tata kelola perusahaan yang baik di perusahaan PT Sinar Niaga Sejahtera. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian kuantitatif. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel diperoleh 36 responden dari karyawan yang terlibat langsung dalam fungsi audit internal dan tata kelola perusahaan yang baik. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji korelasi product moment, uji regresi linier sederhana, analisis koefisien determinasi, dan uji t. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara fungsi audit internal (X) dengan penerapan tata kelola perusahaan yang baik (Y)

References

Agoes, S. (2017). Auditing: Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan Oleh Akuntan Publik (5th ed., Vol. 2). Salemba Empat.

Mulyanti, K., & Rahma, N. A. (2020). PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PADA PT IRON BIRD (BLUE BIRD GROUP). LOGISTIC AND ACCOUNTING DEVELOPMENT JOURNAL, volume 1, No 1.

PERATURAN MENTERI NEGARA BADAN USAHA MILIK NEGARA NOMOR : PER-01/MBU/2011. (2011).

Ruistendi, T. (2018). PENGARUH FUNGSI AUDIT INTERNAL TERHADAP PELAKSANAAN GOOD GOVERNANCE (SURVEY PADA KANTOR CABANG BANK UMUM DI TASIKMALAYA). Jurnal Ekonomi Manajemen, 4, 82–95. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem

Setiani, T., & Pratitis, R. (2022). PENGARUH AUDIT INTERNAL TERHADAP PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA BANK BJB KANTOR CABANG CIMAHI. Jurnal Akuntansi, Vol 16 No.2.

Published

2024-07-08

Issue

Section

Articles