Analisis Pengaruh Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Loan To Deposit Ratio (LDR) pada Perbankan Konvensional yang Go -Public di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Authors

  • Rukmi Juwita Politeknik Pos Indonesia
  • Adinda Cyfra Abigail Simorangkir Universitas Logistik Dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.47491/landjournal.v5i2.3618

Keywords:

Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR)

Abstract

Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem juga sarana untuk mempertemukan penawaran jual-beli efek pihak-pihak lain dengan tujuan mempertahankan efek diantara mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Loan to Deposit Ratio (LDR). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data sekunder berupa laporan keuangan. Populasi yang tersedia sebanyak 43 perusahaan perbankan konvensional yang terdaftar di BEI dan sampel yang digunakan hanya 28 perusahaan perbankan konvensional selama 3 tahun terakhir dengan menggunakan metode purposive sampling. Hipotesis yang ditetapkan dengan menggunkaan uji dua pihak, dengan teknik analisis yang digunakan adalah statistic deskriptif, product moment, korelasi berganda, koefisien determinasi, regresi berganda, uji t, uji F. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial BOPO tidak berpengaruh signifikan terhadap LDR sedangkan CAR berpengaruh signifikan terhadap LDR. Secara simultan BOPO dan CAR berpengaruh signifikan terhadap LDR.

References

CNBC Indonejsia.com. (2019). Tejrujngkap, Ini Bank yang Alami Masalah Likujiditas. CNBC Indonejsia. https://www.cnbcindonejsia.com/markejt/20190111171540-17-50270/tejrujngkap-ini-bank-yang-alami-masalah-likujiditas

Jujnianti, P., & N. M., & Sujsanto, H. (2023). Pejngarujh Capital Adejqujacy Ratio dan Non Pejrforming Loan Tejrhadap Profitabilitas Mejlaluji Loan to Dejposit Ratio. Jujrnal Ejkonomi Bisnis Dan Manajejmejn, Vol 1 No 2, 24–36.

Kasmir, D. (2019a). Analisis Laporan Kejujangan (Ejdisi Rejvi). Rajagrafindo Pejrsada.

Kasmir, D. (2019b). Manajejmejn Pejrbankan. Rajawali.

M. Nujrsidin. (2020). Pejngarujh Capital Adejqujacy Ratio dan Bejban Opejrasional Pejndapatan Opejrasional Tejrhadap Loan to Dejposit Ratio. Jujrnal Insitujsi Politejknik Ganejsha Mejdan, 3, 1–8.

Sejptyloga, I. (2018). PEjNGARUjH DANA PIHAK KEjTIGA (DPK) DAN CAPITAL ADEjQUjACY RATIO (CAR) TEjRHADAP LOAN TO DEjPOSIT RATIO (LDR). JUjRNAL MANAJEjMEjN DAN BISNIS (ALMANA), Vol 2 No 3.

Sofyan, M. (2019). Pejngarujh CAR, NPL, BOPO, dan ROA Tejrhadap LDR (Stujdi pada BPR di Kabujpatejn Provinsi Jawa Barat Pada Sejmejstejr I 2016). Jujrnal Ilmiah Ejkbank, Volujmej 2 N, 50–64.

Published

2024-07-08

Issue

Section

Articles