Pengaruh Kenaikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 11% Terhadap Daya Beli Mobil Pada Auto2000 Pasteur Bandung

Authors

  • Marismiati Marismiati UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL
  • Silki Yulianti Woman Universitas Logistik & Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.47491/landjournal.v5i2.3633

Keywords:

Tax, Value Added Tax (VAT), Purchasing Power

Abstract

Tax regulations in Indonesia will experience many changes over time and changing times. Starting April 1, 2022, Indonesia has set the Value Added Tax (VAT) rate, which was previously 10%, to increase to 11%. One example of the the transaction that falls under Value Added Tax (VAT) is the sale of automobiles. This final project report aims to find out how the increase in VAT affects the purchasing power of cars at Auto2000 Bandung Pasteur. The employed research approach is quantitative, utilizing primary data collection which was obtained by distributing questionnaires to 91 consumers who bought cars at Auto2000 Pasteur Bandung in the period April 1 2022 – April 30 2023, and processed using the SPSS application with the Validation Assessment, Reliability Assessment, Normality Assessment, Spearman Rank Correlation Assessment, Simple Linear Regression Analysis, Coefficient of Determination Assessment, and Hypothesis Testing (t-test) were conducted. The findings indicated that 11% VAT increase had no effect on car purchasing power at Auto2000 Pasteur Bandung with a percentage of 0.5%.

References

Abdullah. (2016). Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Andi. (2013). Perpajakan Esensi dan Aplikasi. yogyakarta: TMbooks.

Ayu, S., & Luh, N. (2017). Pengaruh PPN, PPnBM, Dan PKB Tarif Progresif Pada Daya Beli Konsumen Kendaraan Bermotor Roda Empat. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Desy, Revi, & Yudi. (2021). Pengaruh Pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Terhadap Daya Beli Konsumen Barang Elektronik Di Pasar Batusangkar. Jurnal Ekonomi Islam.

Dharmesta, B. S. (2015). Manajemen Perusahaan - Analisis Perilaku Konsumen.

Ghozali, M. P. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25.

Indirayuti, A. (2019). Pengaruh PPN dan PKB Tarif Progresif Terhadap Daya Beli Konsumen (Studi Empiris Pada Konsumen Kendaraan Roda Empat di Yogyakarta). Jurnal Akuntansi Pajak Dewantara.

Mardiasmo. (2018). Perpajakan Edisi Terbaru . Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Nurul, Mursalim, & Su'un. (2020). Analisis Pengaruh PPN, PPnBM, dan PKB Dengan tarif Progresif Terhadap Daya Beli Konsumen Kendaraan Bermotor Roda Empat di Makassar. Journal of Accounting Finance (JFA).

Putri, L. T. (2022). Pengaruh Pemahaman Pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Terhadap Daya Beli Konsumen Kendaraan Bermotor di Wilayah Jawa Timur.

Rahayu, S. K. (2017). Perpajakan (konsep dan Aspek Formal). Bandung: Rekayasa Sains.

Resmi, S. (2019). Perpajakan Teori & Kasus. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Riftiasari. (2019). Pengaruh Retritusi Kelebihan Pembayaran Pajak Pertambahan Nilai Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Penjaringan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 63-68.

Rudy Gunawan, d. (2023). Hukum Pajak Di Indonesia. Sada Kurnia Pustaka.

Salma, & Ajimat. (2022). Pengaruh Pajak Pertambahan Nilai, dan Pajak Kendaraan Tarif Progresif Terhadap Daya Beli Konsumen. Jurnal Akuntansi dan Manajemen.

Salman, K. R. (2017). Perpajakan PPh dan PPN. Jakarta: PT Indeks.

Sinambela, L. P. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif . Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021).

Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 28. (2007). Tentang perubahan ketiga atas Undang - Undang nomor 6 Tahun 1983 tentang ketentuan umum dan tata cara perpajakan. Jakarta: Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia.

Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 8. (1983). Tentang Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah. Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 42. (2009). Perubahan Ketiga Atas Undang - Undang Nomor 8 Tahun 1983 Tentang Pajak Pertambahan Nilai Barang dan Jasa Dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah. Jakarta: Dewan Perwakilan Rakyat.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7. (2021). Harmonisasi Peraturan Perpajakan. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Published

2024-07-08

Issue

Section

Articles