PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
DOI:
https://doi.org/10.47491/landjournal.v6i1.3903Keywords:
Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Nilai PerusahaanAbstract
Dalam menentukan keputusan berinvestasi investor akan mempertimbangkan nilai perusahaan. Kesejahteraan para investor akan meningkat seiring dengan peningkatan nilai perusahaan, sehingga investor menginginkan para manajer untuk meningkatkan laba agar dividen yang didapatkan oleh investor kian meningkat dan menambah kesejahteraanya sehingga meningkatkan nilai perusahaan. Perusahaan yang bernilai tinggi maka akan bereputasi baik dan menarik perhatian para investor, sehingga perusahaan berlomba-lomba untuk meningkatkan nilai perusahaanya. Penelitian ini merumuskan masalah apakah ukuran perusahaan dan struktur modal berpengaruh terhadap nilai perusahaan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan sektor makanan dan minuman yang Terdapat di Bursa Efek Iindonesia Tahun 2021-2023. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur Sektor makanan dan minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2021-2023. Dengan teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah 35 Perusahaan manufaktur Sektor makanan dan minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik Analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 26. Hasil yang di peroleh dalam penelitian ini yaitu Ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan, Struktur modal tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih representatif, penelitian lanjutan dapat dilakukan dengan. 1) Memasukkan variabel lain yang relevan ke dalam model analisis. 2) Menggunakan metode statistik yang lebih kompleks untuk menangkap hubungan non-linier atau interaksi antarvariabel. 3) Memperbaiki kualitas data, seperti memperbesar ukuran sampel atau menggunakan data yang lebih representatif.
References
Adityaputra, S. A., & Perdana, D. (2024). Pengaruh Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi. Jesya, 7(1), 472–488. https://doi.org/10.36778/jesya.v7i1.1404
Akbar, F., & Fahmi, I. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Kebijakan Dividen Dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 5(1), 62–81. http:jim.unsyiah.ac.id/ekm
Aziz, M. S. N. H., & Widati, L. W. (2023). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Industri Barang Konsumsi. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 7(1), 171–184. https://doi.org/10.52362/jisamar.v7i1.1031
Bita, F. Y., Hermuningsih, S., & Maulida, A. (2021). Pengaruh Profitabilitas Likuiditas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Syntax Transformation, 2(03), 298–306. https://doi.org/10.46799/jst.v2i3.233
Enjelina, M., Selvia, N., Nahrisah, E., & Tampubolon, L. (2024). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Farmasi Yang Terdaftar Di BEI Periode 2018-2021. Journal of Economic, Business and Accounting, 7, 4267–4274.
Erawati, T., & Jedaru, F. A. N. (2023). Arus Kas Bebas dan Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(2), 533–547. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i2.1663
Ghozali, I. (2018a). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (Vol. 9).
Ghozali, I. (2018b). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. 9.
Mahanani, H. T., & Kartika, A. (2022). Pengaruh struktur modal, likuiditas, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 360–372. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i1.2280
Meifari, V. (2023). Pengaruh Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 3(I), 1–19.
Nugroho, A. W., & Bagana, B. D. (2023). PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR MODAL, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. JURNAL ILMIAH KOMPUTERISASI AKUNTANSI, 16(1), 110–119.
Rahmi, M. H., & Swandari, F. (2021). Pengaruh Risiko Bisnis dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal dan Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 67–76. https://doi.org/10.35130/jrimk.v5i1.151
Ristiani, L., & Sudarsi, S. (2022). Analisis pengaruh profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan, dan struktur modal terhadap nilai perusahaan. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 837–848. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i2.2336
Rossa, P. A. E., Susandya, A. A. P. G. B. A., & Suryandari, N. N. A. (2023). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan Perusahaan Perbankan di BEI 2019-2021. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 5(1), 88–99.
Safaruddin, Nurdin, E., & Indah, N. (2023). Pengaruh Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 8(1), 166–179. http://jurnal.unidha.ac.id/index.php/JEBD/article/download/271/192
Silalahi, E., & SIHOTANG, V. (2021). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan, 7(2), 153–166. https://doi.org/10.54367/jrak.v7i2.1381
Wiyono, G., Kusumawardhani, R., & Lende, D. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kebijakan Deviden, dan Laverage terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur: Studi Kasus Perusahaan Manufaktu BEI 2016-2020. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(2), 330–347. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i2.1466