PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA LAYANAN TRANSPORTASI ONLINE INDRIVE (STUDI KASUS : MAHASISWA UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL)

Authors

  • Hesti Sugesti Universitas Logistik Dan Bisnis Internasional
  • Kanya Deva Aurellea Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.47491/landjournal.v6i1.4030

Keywords:

Price, Service Usage Decision, Indrive

Abstract

Teknologi modern telah memungkinkan munculnya layanan transportasi daring, yang mengefisienkan, memudahkan, dan mempercepat transportasi perkotaan. Salah satu layanan yang semakin populer di Indonesia adalah kemampuan untuk memesan ojek daring. Di antara sekian banyak keuntungan yang ditawarkan oleh Indrive, pendatang baru di pasar transportasi daring, adalah tarif yang terjangkau, armada kendaraan yang dijamin berkualitas baik, dan prosedur pemesanan yang mudah. ​​Mengetahui seberapa besar pengaruh harga terhadap kecenderungan orang untuk menggunakan Indrive adalah tujuan utama dari penelitian ini. Dengan menggunakan survei dan prosedur pemilihan non-probabilitas yang disengaja, 384 orang dipilih untuk penyelidikan kuantitatif ini. Untuk analisis data, kami menggunakan SPSS versi 23, dan untuk pengujian hipotesis, kami menggunakan uji-F. Ada hubungan positif dan signifikan secara statistik antara harga dan keputusan untuk menggunakan layanan Indrive. Indrive dapat meningkatkan kualitas layanan mereka sambil tetap kompetitif dalam hal harga melalui perawatan kendaraan, pelatihan pengemudi, paket berlangganan, dan program loyalitas. Sangat penting untuk meningkatkan variasi mobil dan cara pembayaran untuk memenuhi permintaan pelanggan.

References

Aditiya, S. (2024, Mei). Mengenal Indrive, Aplikasi Ojol Yang Tarifnya Bisa Nego. Viva Tekno.

Alvara Research. (2019). Survei Ungkap Seiring Bertambah Usia Makin Jarang Gunakan Ojek Online. Tribun News.

Alvara Research. (2021). Wanita Muda, Pengguna Terbanyak Transportasi Online Indonesia. Mobilitas.Id.

Amalia, R. (2022). Teknik Pengambilan Keputusan. Rtujuh Mediaprinting.

Aprilia, A. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Laneige. Institut Bisnis Dan Informatika Kwik Kian Gie.

Daeng, C. R. N., Rogahang, J. J., & Walangitan, O. F. C. (2023). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Layanan Transportasi Online Maxim Bike Pada Mahasiswa Fispol Unsrat. 4(5).

Daeng, C., Walangitan, O., & Rohagang, J. (2023). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Layanan Transportasi Online Maxim Bike Pada Mahasiswa Fispol Unsrat. 4(5).

Efendi, M. J., & Widyastuti, D. I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Usaha Cuci Mobil “Salem” Desa Sumokembangsri Kecamatan Balongbendi Kabupaten Sidoarjo. INOBIS, 2(3).

Elvera, & Yesita, A. (2021). Metodologi Penelitian. Penerbit Andi.

Fadillah, A. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Transaksi, Dan Impulsive Buying Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Shopee Paylater (Studi Kasus Pengguna Shopee Paylater Di Kel. Rawamangun). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Fitri, H. (2020). Analisis Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi, Dan Keanekaragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Di Indomaret Sentul Jaya V Harapan Jaya). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Ghiffari, S., & Widiyastuti, D. (2019). Pemanfaatan Transportasi Berbasis Aplikasi Online Pada Mobilitas Mahasiswa UGM.

Goodstats. (2023). Layanan Ojek Online Pilihan Masyarakat Indonesia. Good News From Indonesia.

Hartati, S., Choiruddin, Winarko, H., & Martini, R. (2020). Akuntabilitas Publik Dari Aspek Pembukuan,Inventarisasi, Dan Pelaporan Aset Tetap. Jurnal Politeknik Negeri Sriwijaya, 9(1).

Hayati, Z., & Afriansyah, H. (2019). Teori-Teori Pengambilan Keputusan. Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/Qm8pj

Ichsan, A., Baiduri, A., Kamila, A., & Sanjaya, V. F. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Transportasi Online Indriver Terhadap Kepuasan Konsumen Di Bandar Lampung. Journal Of Economic And Business Retail, 4(1), 1. Https://Doi.Org/10.69769/Jebr.V4i1.161

Indrive. (2024). Company Profile Indrive.

Institute For Development Of Economics And Finance (INDEF). (2022). Layanan Transportasi Online Yang Digunakan Responden. Katadata Media Network. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2022/12/08/Gojek-Vs-Grab-Mana-Yang-Konsumennya-Lebih-Banyak

Johsia, G., Sianto, M. E., & Mulyana, J. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Jasa Transportasi Online. Widya Teknik, 18(2), 77–83. Https://Doi.Org/10.33508/Wt.V18i2.2273

Khoiru, S. (2022). Pengaruh Label Halal Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Produk Nongshim Di Jakarta). Journal Warmadewa.

Kurniawan, Y. (2023). Tren Pengguna Transportasi Online Di Indonesia, Faktor Harga Jadi Pertimbangan Utama Konsumen. Bakrie News.

Lumanaw, B. (2023). Pengaruh Viral Marketing, Food Quality Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kokumi Manado. Journal Of Management.

Maria, I. (2023). Indrive Jadi Aplikasi Transportasi Online Dengan Pertumbuhan Tercepat Di Dunia 2022. Pressrelease.Id.

Marissa, N. (2020). Analisis Pengaruh Brand Awareness, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi Online Grabcar Di Kota Kupang. Unika Widya Mandira.

Muzhiroh, M. (2020). Pengaruh Persepsi Kualitas, Motivasi Dan Gaya Hidup Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Cakung Barat). Journal Of Management.

Natalina, C. (2021). Pengaruh Advertising Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Jurnal Manajemen Tools, 13(2).

Nirmala, P. (2021). Analisis Implementatasi Strategi Bauran Pemasaran 7P Pada Usaha Bakso Wong Jowo By Tiwi. Jurnal Industri Dan Perkotaan, 17.

Nurhidayanti. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Pembiayaan Terhadap Loyalitas Kreditur. Journal Of Management, 5(1).

Nurmi. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kacang Telor Ayam Pada Pt. Cahaya Anugrah Sentosa Di Kota Makassar. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra.

Ojolakademi. (2023). Cara Cek Tarif Indriver. Ojolakademi.Com.

Pardede, J. (2023). Pengaruh Harga, Promosi Dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merk Prettyfit Pada Pt. Christoper Adidaya Rekananda.

Pertiwi, I. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Audit Delay (Pada Perusahaan Sektor Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di BEI Periode 2016—2019). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Prihatini, D. N., & Hidayati, L. L. A. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Transportasi Online (Studi Kasus Pada Pengguna Go-Ride Dalam Aplikasi Gojek Di Kota Magelang).

Reni. (2022). Pengaruh Gaya Hidup,Motivasi, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Di DKI Jakarta. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Saputra, D. (2022). Indriver Rebranding Jadi Indrive, Gandeng E-Wallet Lokal. Bisnis.Com.

Sari, S. P. (2020). Pengaruh Harga Terhadap Penjualan Sepeda Motor Honda PT Indako Trading Coy”. Universitas Pembangunan Panca Budi.

Suarsa, H. S. (2023). Model E-Repurchase Intention Berbasis Mobile Augmented Reality Advertising. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugesti, H., Afadhillah, A. S., Anggraeni, A. D., & Abdillahsk, H. (2023). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Toyota Agya Di PT Auto2000 Asia Afrika Bandung. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 40–47. Https://Doi.Org/10.58477/Ebima.V2i2.134

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.

Sugiyono, Prof. Dr. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. CV. Alfabeta.

Sulistyawati, A. (2020). Indriver Meluncurkan Layanan Transportasi Mobil Dan Ojek Pribadi Di Solo. Solopos Bisnis.

TPM Team. (2023). Indrive: Indonesia Rebranding Campaign In Jakarta And Other Big Growing Cities With Outdoor Advertising. The Perfect Media.

Vanny, G. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mesin Pompa Air Submersible Dab Decker Di Cv. Citra Nauli Electricsindo Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1.

Widyaningrum, P. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berlangganan Pada Layanan Video On Demand (Studi Pengguna Layanan VOD Di Jakarta Timur). Journal Of Young Entrepreneurs.

Yuningsih, E. (2023). Pengaruh Promotion, Store Atmosphere, Dan Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Dimediasi Oleh Purchase Decision. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 19(1). Https://Doi.Org/10.30872/Jinv.V19i1.12833

Zulkarnain, M. (2020). Indriver Hadir Di Balikpapan, Apa Bedanya Layanan Transportasi Online Ini? Beritakaltim.Co.

Published

2025-01-15

How to Cite

Sugesti, H., & Deva Aurellea, K. (2025). PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA LAYANAN TRANSPORTASI ONLINE INDRIVE (STUDI KASUS : MAHASISWA UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL). LAND JOURNAL, 6(1), 193-205. https://doi.org/10.47491/landjournal.v6i1.4030