PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN PADA MIE GACOAN DI KOTA BANDUNG SEBAGAI RESTORAN DENGAN HARGA TERJANGKAU
DOI:
https://doi.org/10.47491/landjournal.v6i2.4296Keywords:
Service quality, Customer satisfactionAbstract
Mie Gacoan adalah salah satu restoran makanan cepat saji yang hingga saat ini ramai dikunjungi oleh semua kalangan, dengan menu utama berupa mie yang memiliki varian rasa pedas, ditambah dengan beberapa makanan sampingan dan minuman. Selain itu, penawaran harga yang murah dan terjangkau menjadi daya tarik tersendiri yang menjadikan Mie Gacoan sebagai makanan favorit di kalangan masyarakat. Gerai Mie Gacoan sudah tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya di Kota Bandung. Meskipun demikian, masih terdapat pelayanan yang kurang maksimal seperti pegawai yang tidak ramah, peralatan makan yang masih kotor, dan beberapa kekurangan lainnya yang dapat berdampak pada pengalaman pelanggan. Dalam penelitian ini, variabel kualitas pelayanan diukur menggunakan indikator yaitu tangible, reliabilitas, responsivitas, jaminan, dan empati. Sementara itu, variabel kepuasan pelanggan diukur menggunakan indikator kesesuaian harapan, minat berkunjung kembali, dan kesediaan merekomendasikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif asosiatif, menggunakan sampel jenuh dengan metode non-probability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dan metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas serta analisis regresi linear sederhana. Alat bantu pengolahan data menggunakan SPSS for Windows versi 23.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan pada Mie Gacoan di Kota Bandung.
Kata Kunci: Kualitas pelayanan, Kepuasan pelanggan
Mie Gacoan is one of the fast-food restaurants that continues to be popular among people from various backgrounds. Its main menu features noodles with a variety of spicy flavors, complemented by several side dishes and beverages. In addition, the affordable and accessible pricing has become a key attraction, making Mie Gacoan a favorite among the public. Mie Gacoan outlets have spread throughout Indonesia, including in the city of
Bandung. However, there are still some shortcomings in the services provided, such as unprofessional or unfriendly staff, unclean tableware, and other service issues that may impact the customer experience. In this study, the service quality variable is measured using indicators including tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. Meanwhile, the customer satisfaction variable is measured using indicators such as expectation conformity, revisit intention, and willingness to recommend. This research uses a quantitative method with a descriptive-associative approach, employing a saturated sampling technique with non-probability sampling. Data collection was conducted using questionnaires, and data analysis methods included validity and reliability tests as well as simple linear regression analysis. The data was processed using SPSS for Windows version 23.0. The results of this study indicate that service quality has a positive effect on customer satisfaction at Mie Gacoan in Bandung City.
Keywords: Service Quality, Customer Satisfaction
References
Adabi, N. (2020). Pengaruh citra merek, kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian indihome di witel telkom depok. Manajemen, 12 No.1(1), 32–39.
Agussalim, S. O., & Jan, A. B. H. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Transportasi Online Go-Jek Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 2318–2327.
Annisawati, A. A., & Sitorus, M. C. (2022). PESTISIDA DI PT PERUSAHAAN PERDAGANGAN INDONESIA. 12(September), 1–10.
Bhudiharty, S. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pengunjung Objek Wisata Farmhouse Lembang. Management & Accounting Expose, 2(1), 10–20. https://doi.org/10.36441/mae.v2i1.93
Bisnis, J., Permadi, D., Syam, R. S., & Numang, I. (2021). Produk Pengiriman Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Kantor Pos Jakarta Timur. 11(September).
Menurut ( Kotler dan Keller , 2016 ) “ Marketing is about identiying and meeting human and social needs . One of the shortrest good definitions of marketing is meeting needs
Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1–14.
M. Amir Nasution. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Alat Kesehatan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt. Dyza Sejahtera Medan. Jurnal Warta Edisi 59.
Novia, M. A., Semmaila, B., & Imaduddin, I. (2020). Pengaruh kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Tata Kelola, 7(2), 201–212. https://doi.org/10.52103/tatakelola.v7i2.174
Rahmandika, Y. F., Puji, L., & Purwanto, H. (2020). Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. EKOBIS : Jurnal Ilmu Manajemen Dan
Santoso, G. A., & Bernarto, I. (2022). Pengaruh Waktu Tunggu Yang Singkat, Keterjangkauan Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Klinik Gigi Cdc. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(1), 68–81. https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i1.39059
Saputra, S., & Apriliani, A. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Post Service Follow Up (Psfu) Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Pt. Astra International Tbk-Toyota Sales Operation (Tso) Auto2000 Cabang Pasteur Kota Bandung. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 12(September), 1–14.
Saputra, S., & Yulistianis, S. R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Grand Setiabudi Hotel& Apartment. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 9(2), 21–31.
sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. ALFABETA.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D.
Triputranto. (2022). PENGARUH HARGA DAN PROMOSI PADA INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BERAS FORTIVIT DI PERUM BULOG DIVRE JABAR. 12(September).
Yanuar, M. M., Qomariah, N., & Santoso, B. (2017). Dampak kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Optik Marlin cabang Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(1), 61–80.