PENGARUH PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN LOYLITAS PELANGGAN PADA BANK VRI SYARIAH CABANG PADANG
Keywords:
Customer Relationship Management, Loyalitas NasabahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Customer Relationship
Management dalam meningkatkan Loyalitas Pelanggan Bank BRI Syariah cabang Padang.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah Bank BRI Syariah aktif.
Responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 70 responden dan pengambilan sampel
menggunakan metode probability sampling dengan teknik penarikan sampelnya simple
random sampling. Dimensi yang digunakan peneliti untuk Customer relationship management
(X) yaitu, people, process, technology. Dimensi Loyalitas pelanggan (Y) yaitu repat pruchase,
retention, referalls. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji
validitas dan realibilitasnya. Teknis analisis data yang digunakan adalah regresi linear
sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara Customer
Relationship Management dalam meningkatkan loyalitas pelanggan nasabah Bank BRI
Syariah cabang Padang dengan signifikansi 60,8% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel
lainnya yang tidak diteliti.