PENGARUH REPUTASI DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (SURVEY PENGUNJUNG TOKOPEDIA)

Authors

  • Nur Aziz Sugiharto
  • Nadiya Nurhayati
  • Farid Madani

Keywords:

Reputasi, Online Customer Review, Proses Keputusan Pembelian

Abstract

Saat ini dalam melakukan belanja online, para calon konsumen dihadapkan dengan berbagai risiko yang bisa mengakibatkan kerugian ketika melakukan  berbelanja online. Beberapa cara yang dapat dilakukan calon konsumen dalam  meminimalisir terjadinya resiko dengan cara calon konsumen melihat reputasi dari marketplace yang akan digunakan dalam transaksi online. Selain itu mencari informasi tentang ulasan atau review yang diberikan dari pengguna sebelumnya yang telah berpengalaman. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui adakah pengaruh yang terjadi dari reputasi dan online customer review terhadap proses keputusan pembelian di Tokopedia.

Metode yang digunakan dalam  penelitian ini yaitu dengan menggunakan deskriptif kuantitatif dengan pengambilan sampel sejumlah 384 orang responden. Adapun teknik pengumpulan data melalui kuesioner, studi pustaka dan wawancara. Skala yang digunakan yaitu skala likert sehingga perlu dilakukan MSI pada data hasil kuisoner yang selanjutnya dilakukan uji asumsi klasik. Kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan uji F (stimultan) dan uji T (partial) melalui SPSS 25 yang menghasilkan nilai R square. Dari uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa pada penelitian ini faktor Reputasi dan Online Customer Review memiliki pengaruh terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen di Tokopedia. Hasil dari uji F (stimultan) dan uji T (partial) bahwa Reputasi dan Online Customer Review berpengaruh signifikan dan positif. Sehingga ini menjelaskan bahwa reputasi yang baik dan online customer review  memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dalam menentukan proses keputusan pembelian konsumen di Tokopedia.

Downloads

Published

2021-09-15

Issue

Section

Articles