PENGARUH DIRECT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN LAYANAN LTL (LESS THAN TRUCK LOAD) DI PT.IRON BIRD JAKARTA

Authors

  • Reini Ade Pasaribu
  • Senny Handayani

Abstract

Pengaruh Direct Marketing Terhadap Keputusan Pemakaian Layanan LTL (less than truck load) di PT.Iron Bird - Jakarta. Tugas Akhir, D4 Manajemen Bisnis Politeknik Pos Indonesia. Senny Handayani, SE., MM. dan Hesti Sugerti,S.Pd.,MM.

Kata kunci: Direct Marketing, Keputusan Pembelian, layanan LTL (less than truck load), PT.IRON BIRD

Salah satu kegiatan pemasaran yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan volume penjualan adalah promosi. Perusahaan perlu mempertimbangkan kegiatan promosi yang digunakan agar dapat mencapai sasaran, sehingga tidak sia-sia dalam mengeluarkan biaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran direct marketing, gambaran proses keputusan pembelian dan pengaruh direct marketing terhadap proses keputusan pembelian layanan LTL (less than truck load) di PT.Iron Bird

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi serta menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data pokok. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen layanan LTL (less than truck load) PT.Iron Bird yang ada di Jakarta sebanyak 30 responden. Metode analisis yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Deskriptif, Analisis Regresi Linier Sederhana, Uji F, dan Uji Koefisien Determinasi .

Hasil penelitian ini menunjukkan dalam uji regresi linier berganda bahwa unsur yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian layanan LTL (less than truck load) PT.Iron Bird yang ada di Jakarta adalah variabel advertising, sales promotion, public relation, dan personal selling. Sedangkan variabel direct marketing berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Matik di Surakarta. Selain itu, dari uji F dihasilkan F hitung sebesar 47.653 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga ada pengaruh yang signifikan Direct Marketing (X) terhadap keputusan Pembelian (Y). Perhitungan R² dihasilkan nilai sebesar 0,630. Nilai ini menunjukkan secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 63% sedangkan sisanya 37% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak diteliti. Variabel tersebut dapat berupa kegiatan promosi lainnya yang dapat digunakan PT.Iron Bird untuk lebih mengenalkan atau mempromosikan layanan LTL (less than truck load) kepada pangsa pasar seperti iklan elektronik maupun media cetak, personal selling, sales promotion dan dapat juga kualitas layanan untuk diteliti lebih lanjut.

Downloads

Published

2017-01-01

Issue

Section

Articles