PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PRODUK INDIHOME DI PT. TELKOM INDONESIA (PERSERO) REGIONAL III JAWA BARAT

Authors

  • Yogi Indra Wibowo
  • Bambang Triputranto

Abstract

Berhasil atau tidaknya suatu perusahaan untuk mengembangkan dirinya antara lain tergantung pada kemampuan perusahaan dalam memasarkan produk yang dihasilkan. Pemasaran memegang peranan penting antara lain promosi, dalam dunia usaha. Setiap perusahaan tentu memiliki strategi bauran promosi yang berbeda dengan perusahaan lainnya dalam rangka untuk mendapatkan pelanggan. Bauran promosi tersebut telah direncanakan dan ditetapkan untuk mencapai target-target penjualan, seperti halnya juga yang dilakukan PT. Telkom Indonesia (Persero) Regional III Jawa Barat. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan adalah dengan menggunakan website, telepon, dan email yang dapat dihubungi oleh pelanggan. Selain itu, promosi yang dilakukan oleh perusahaan dilakukan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Google Plus. Selain media sosial, perusahaan juga melakukan promosi melalui personal selling dan sales promotion. Namun dalam kegiatan pemasaran PT. Telkom Indonesia (Persero) Regional III Jawa Barat tidak mengalami peningkatan selama satu tahun yang di akibatkan oleh kegiatan promosi yang kurang evektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap volume penjualan menggunakan analisis regresi linear. Sebelum menggunakan analisis regresi linear, item pertanyaan dalam kuesioner diuji terlebih dahulu menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan uji f. Hasil penelitian ini menyatakan instrumen penelitian sudah valid, reliabel, dan berpengaruh secara keseluruhan. Pengaruh bauran promosi adalah signifikan dengan nilai R Square sebesar 86%, sedangkan sisanya sebesar 14% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikutkan pada penelitian ini. Untuk meningkatkan volume penjualan, perusahaan perlu memperbaikinya pada dimensi hubungan masyarakat dan publikasi.

Downloads

Published

2017-01-01

Issue

Section

Articles