PENGARUH INOVASI JASA PELAYANAN TERHADAP KINERJA ORGANISASI PADA AUTO 2000 CABANG PASTEUR
Abstract
Perkembangan dunia usaha-usaha ini ditandai dengan semakin tajamnya persaingan yang di tawarkan perusahaan kepada konsumen. Hal ini di tandai dengan munculnya produk dan jasa yang berkualitas, layanan lebih yang di berikan perusahaan jasa demi memenuhi kebutuhan pelanggan, dan harga yang bersaing dalam pemasaran. Dengan adanya persaingan ini perusahaan dituntut untuk bersaing dalam menarik konsumen dan menerapkan strategi yang tepat dalam memenuhi kebutuhan konsumen.
Salah satu upaya yang wajib dilakukan perusahaan untuk menjaga keberlangsungan perusahaan adalah dengan inovasi jasa, dimana dalam menerapkan strategi tersebut perusahaan berusaha menambah aplikasi jasa layanan baru, agar konsumen tertarik untuk membeli jasa yang di tawarkan,dengan cara menciptakan produk jasa baru, yaitu upaya perusahaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan melalui pengembangan kualitas karyawan, tingkat keuntungan, tingkat produktivitas karyawan, dan tingkat perbaikan kulitas pelayanan, baik lewat pengembangan produk jasa baru atau mengembangkan produk jasa yang sudah ada.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan terhadap karyawan Auto 2000 cabang Pasteur kota Bandung, untuk mengetahui sejauh mana pengaruh inovasi jasa mempengaruhi kinerja organisasi, maka dapat diambil kesimpulan berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan inovasi jasa Auto 2000 cabang Pasteur kota Bandung secara keseluruhan termasuk dalam kategori baik/tinggi.pengukuran inovasi jasa dilakukan dengan menggunakan 4 dimensi yaitu: konsep jasa, Interface klien, system delivery, dan Pilihan telnologi. Dan Pada variabel inovasi jasa (X) terdapat dimensi yang memiliki nilai frekuensi dengan kateori baik yaitu pada dimensib erdasarkan hasil penelitian pengaruh inovasi jasa terhadap Kinerja organisasi yang dilakuakan karyawan Auto 2000 cabang Pasteur Bandung termasuk dalam kategori baik/tinggi,pengukuran Inovasi Jasa menggunakan 4 dimensi yaitu: Konsep jasa, Interface Klien, system Delivery, dan Pilihan Teknologi. Dan Pengukuran kinerja organisasi dilakukan dengan menggunakan 5 dimensi yaitu: kesetiaan, presatsi kerja, kreatifitas, kerjasama dan kecakapan tanggung jawab. Dapat diketahui bahwa variabel kinerja organisasi memiliki Terdapat pengaruh positif dan signifikan anatara pelaksanaan novasi jasa terhadap kinerja organisasi di Auto 2000 cabang Pasteur Bandung yaitu berdasarkan perhitungan, diketahui f hitung sebesar 9,05 sedangkan table sebesar 4,17. Angka ini menunjukan karena F hitung > F tabel, yaitu 9,05 > 4,17 , maka model analisis regresi adalah sihnifikan. Hasil tersebut menujukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya kinerja organisasi dapat dipengaruhi oleh inovasi jasa secara positif dan signifikan.