PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP BRAND IMAGE APLIKASI POS AJA

Authors

  • Sigit Santosa
  • Theresia Christina Tumanggor

Keywords:

Digital Marketing, Brand image, Pos Aja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing terhadap brand image Aplikasi Pos Aja. Dimensi pada variabel digital marketing ialah website, optimasi mesin pencari, Periklanan berbasis klik pencarian berbayar, pemasaran afiliasi dan kemitraan strategis, dan hubungan masyarakat online.  Dimensi pada variabel digital marketing ialah identitas merek, personalitas merek, asosiasi merek, sikap dan  perilaku merek, dan manfaat & keunggulan merek. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 1.500 pengguna aplikasi Pos Aja, teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini ialah simple random sampling dan sampel yang diambil sebanyak 94 responden. Penulis mengumpulkan data dengan cara menyebarkan kuesioner, sedangkan metode analisa dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, koefisien determinasi, uji f, uji t, dan regresi linier sederhana. Penilaian pelanggan terhadap digital marketing, dimensi dengan skor paling banyak yaitu website dan skor paling sedikit yaitu dimensi pemasaran afiliasi dan kemitraan strategis. Penilaian terhadap brand image, dimensi dengan skor paling banyak yaitu sikap dan perilaku merek, dan yang paling sedikit yaitu personalitas merek. Pengaruh digital marketing terhadap brand image berpengaruh sebanyak 56,6% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Published

2023-03-27

Issue

Section

Articles