PENGARUH CONTENT MARKETING DI PLATFORM TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (SURVEI TERHADAP KONSUMEN SKINTIFIC)
Keywords:
content marketing, keputusan pembelianAbstract
Content marketing produk Skintific di platform TikTok sangat beragam tergantung produk dan layanan yang penjual ditawarkan, sehingga mudah mengarahkan konsumen untuk membeli. Mengingat tren yang berubah saat ini, beriklan melalui pembuatan konten di platform TikTok menjadi salah satu cara untuk mempromosikan produk/jasa Anda kepada konsumen. Konsumen dapat mencari informasi tidak hanya melalui konten tetapi juga melalui bagian komentar/review.
Keputusan pembelian merupakan kegiatan yang berkaitan langsung dengan keputusan konsumen untuk membeli suatu produk yang diinginkan atau dibutuhkannya. Konsumen mencari informasi sebelum membeli dan memilih referensi ketika memilih produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan lokasi penelitian yang berdomisili di Bandung metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dengan sampel 68 responden yang telah ditentukan dengan rumus Lemeshow yang diambil dari populasi konsumen skintific pada penyebaran kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana.
Hasil dari penelitian ini Variabel content marketing menunjukkan Penilaian konsumen terhadap content marketing berada pada interval tinggi, Penilaian konsumen terhadap keputusan pembelian berada pada interval sangat tinggi, dan Variabel content marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana menyatakan bahwa setiap peningkatan dalam content marketing akan menghasilkan peningkatan dalam keputusan pembelian, sebaliknya jika content marketing menghasilkan penurunan maka keputusan pembelian menghasilkan penurunan juga.