PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA PERPUSTAKAAN (STUDI KASUS DI DISPUSIPDA)
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Kepuasan Pelanggan, PerpustakaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kualitas pelayanan yang diberikan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Barat terhadap kepuasan pengunjung perpustakaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan tujuan membuktikan sejauh mana variabel-variabel kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pengunjung. Sampel dalam penelitian berjumlah 94 orang, yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana, dengan bantuan perangkat lunak SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Barat memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung, sebesar 78,9%. Sementara itu, 21,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian.