PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Jasa Perbaikan dan Suku Cadang di Auto 2000 Cabang Pasteur)
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas PelangganAbstract
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Studi Kasus Jasa Perbaikan dan Suku Cadang di Auto2000 Cabang Pasteur dibawah bimbingan Dr. Ralchmat Tri Yuli Yanto, SE.,MM. dan Bheben Oscar, SMB.,MM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilai pelanggan atas kualitas pelayanan jasa perbaikan dan suku lcadang, dan untuk mengetahui pengaruh siginifikan kualitas pelayan terhadap loyalitas pelanggan di Auto2000 lcabang pasteur. Dalam menjawab tujuan penelitian di atas, metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif asosisatif, dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden yang disebarkan dengan teknik accidental sampling, yang selanjutnya dilakukan pengukuran validitas dan reliabilitas pada instrumen penelitian. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi dan regresi dengan dilakukan uji hipotesis seara simultan dan parsial. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif rata-rata skor penilaian responden yaitu sangat baik dan hasil uji hoptesis diperoleh hasil bahwa lpenelitianl linil lmenunjukkanl kualitasl lpelayananl lberpengaruhl lsignifikanl terhadapl lloyalitasl lpelanggan yaitu sebesar 68,2%.