DAMPAK PEMASARAN DIGITAL TERHADAP MINAT BELI ONLINE (STUDI KASUS DI PT DELTA REKA KREASI)

Authors

  • Suci Fika Widyana
  • Gugum Gumilang Wirakanda
  • Rana Miftahul Jannah

Keywords:

Pemasaran Digital, Minat Beli Online

Abstract

Penggunaan internet pada saat ini sudah sangat berkembang, digunakan oleh berbagai kalangan baik itu digunakan untuk mencari informasi, mendukung proses bisnis, sehingga mendorong perusahaan semakin kompetitif. Penggunaan internet memberikan keleluasaan bagi pelanggan untuk dapat melakukan transaksi, menawarkan produk dan jasa, berkomunikasi dengan produsen maupun konsumen, tanpa harus dibatasi dengan jarak dan waktu, sehingga dapat meningkatkan pangsa pasar dan memberikan peluang yang lebih besar. Tujuan analisis ini ialah untuk mencari tahu dan menganalisa bagaimana penilaian konsumen terhadap Pemasaran Digital dan Minat Beli Online dan apakah pemasaran digital berpengaruh secara signifikan pada minat beli online pada PT. Delta Reka Kreasi. Minat beli online merupakan salah satu target utama perusahaan yang berpengaruh pada kelangsungan operasional perusahaan. Penelitian ini mengarah pada pelanggan yang melakukan pelatihan K3 dari PT. Dalam upaya menjawab masalah penelitian di atas, digunakan pendekatan metodologi penelitian yaitu metode deskriptif asosiatif kausalitas, metode pengembalian sampel yang dipakai ialah Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebesar 56 responden yang mewakili total populasi sebesar 300 orang dengan tingkat error 12%. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan teknik analisis data untuk menjawab masalah yang pertama dan kedua menggunakan analisis deksriptif. Berdasarkan hasil analisis data secara deskriptif untuk Penilaian Pemasaran Digital dan Minat Beli Online sangat tinggi. Sedangkan berdasarkan hasil analisis aosisatif kausalitas Pemasaran Digital memiliki hubungan dengan minat beli Online sebesar 54,5%. Hasil ini ditunjukkan oleh hasil uji hipotesis yang menyatakan bahwa promosi melalui instagram berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli.

Downloads

Published

2025-06-23

Issue

Section

Articles