SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN AGENPOS BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN GAMMU SMS GATEWAY DI KANTORPOS KEBUMEN 54300
Keywords:
Sistem Informasi, AgenPos, Berbasis Web, Gammu SMS Gateway, WaterfallAbstract
PT Pos Indonesia adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara yang melayani masyarakat umum di bidang jasa yang memanfaatkan teknologi komputer. Tanpa adanya teknologi komputer, lembaga BUMN dapat dikatakan belum cukup mendukung kinerja pegawai pos dengan baik. Permasalahan yang dihadapi di KantorPos Kebumen 54300 khususnya di bagian Pengawasan Unit Pelayanan Luar pada saat ini adalah tingkat pendaftaran AgenPos yang dirasa cukup tinggi. Apalagi sistem pendaftaran AgenPos yang diterapkan di KantorPos Kebumen 54300 yang masih dilakukan secara manual, masih menggunakan formulir pendaftaran dalam melakukan pendaftarannya. Dimana bagian Pengawasan Unit Pelayanan Luar harus menginputkan kembali data pendafatarn AgenPos ke dalam LibreOffice untuk dilakukannya rekapitulasi laporan. Tidak adanya sistem untuk merekap laporan pendaftaran AgenPos secara otomatis yang akan digunakan untuk keperluan audit yang berisi laporan jumlah pendaftaran AgenPos. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode Waterfall. Tahapan awalnya dimulai dengan analisis menggunakan flowmap sebagai pendeskripsian proses yang sedang berjalan yaitu prosedur proses aliran data pendaftaran AgenPos dan proses rekapitulasi pendaftaran AgenPos di KantorPos Kebumen 54300. Untuk perancangan pemodelan sistem ini menggunakan DFD (Data Flow Diagram) dan Microsoft Visio. Hasil dari Tugas Akhir ini adalah Sistem Informasi Pendaftaran AgenPos Berbasis Web dengan Menggunakan Gammu SMS Gateway di KantorPos Kebumen 54300 yang memiliki rancangan untuk pengelolaan data user, pengelolaan data pendaftar, pengelolaan data agen, pengelolaan data jadwal survey, pengelolaan data izin operasi, dan pengelolaan rekapitulasi laporan yang dapat mempermudah bagian Pengawasan Unit Pelayanan Luar dalam melakukan pengelolaan pendaftaran AgenPos di KantorPos Kebumen 54300.