SISTEM INFORMASI LAYANAN KOTAKPOS (PO BOX) BERBASIS WEB (Studi Kasus : KANTOR POS RANGKASBITUNG 42300)

Authors

  • Niko Ganda Guranto
  • Shiyami Milwandhari
  • Supono Syafiq

Keywords:

SMS Gateway, Sistem Informasi, Layanan Kotak Pos, Penyewaan, Kantor Pos Rangkasbitung 42300, Website

Abstract

Perubahan teknologi informasi yang semakin maju, perkembangan teknologi komputer yang sangat pesat membawa imbas pada seluruh lapisan bidang usaha. PT Pos Indonesia (Persero) selaku perusahaan BUMN yang bergerak dibidang perposan serta Logistik yang terkemuka di Nasional sudah saatnya memanfaatkan teknologi sebagai penunjang utama dalam  memperluas Bisnis Secara Online. Pada Layanan Kotak Pos atau yang lebih dikenal dengan Po Box, masih bersifat konvensional dalam pengelolaan administrasi dan penyampaian informasi kiriman yang masuk. Serta informasi penyewaan yang sering diabaikan oleh pelanggan yang mengakibatkan pelanggan mengabaikan masa sewa yang telah dimiliki pelanggan. Pembangunan Sistem Informasi diawali dengan menganalisis proses yang sedang berjalan dan dilanjutkan dengan pengumpulan data yang dibutuhkan serta pendeskripsian perencanaan untuk ke tahap pembuatan aplikasi. Perancangan digambarkan dengan menggunakan Flowmap, DFD (Data Flow Diagram), ERD (Entity Relationship Diagram), CDM dan PDM. Hasil akhir dari kegiatan ini yakni berupa Implementasi Aplikasi Sistem Informasi berbasis Web dengan Bahasa Program PHP dan Basisdata MySQL yang diintegrasikan dengan SMS Gateway Cloud, yang bertujuan untuk mempermudah pelanggan dalam melakukan proses sewa kotak pos, mempercepat penyampaian informasi baik berupa info kiriman maupun penyampaian info masa sewa yang lebih realtime. Juga disediakan fasilitas menu pencetakan laporan untuk Kepala Kantor Pos dan Manager Pengolahan.  

Published

2017-03-21