Sistem Informasi Pengaduan Pelanggan Pada DPAM Tirta Dharma
Studi Kasus: Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kabupaten Lamongan
Keywords:
Sistem Informasi, Pengaduan Pelanggan, UML, Class DiagramAbstract
Perusahaan Daerah Kabupaten Lamongan adalah perusahaan milik pemerintah Kabupaten Lamongan yang fokus pada distribusi air bersih. Dalam perkembangan perusahaan seiring dengan pembangunan daerah khususnya pembangunan dibidang penyediaan air bersih. Tantangan bagi PDAM kabupaten Lamongan untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan yang diharapkan dapat memberikan solusi dalam menyelesaikan pengaduan serta membantu mengatasi permasalahan yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaduan yang masuk dari pelanggan PDAM kabupaten Lamongan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kantor PDAM Kabupaten Lamongan masih menggunakan cara manual. Maka solusi yang tepat adalah membuat sebuah Sistem Informasi untuk mengatasi permasalahan yang tengah di hadapi PDAM Lamongan dalam proses pengaduan pelanggan, metodologi yang digunakan menggunakan metodologi SDLC Prototype. Dengan adanya sistem informasi Pengaduan Pelanggan, dapat mempermudah pelanggan dalam menyampaikan pengaduan dan dapat di gambarkan dengan UML dan Proses bisnis yang sedang berjalan di perusahaan dapat di modelkan dengan proses bisnis, class diagram. Hasil Penelitian ini adalah Aplikasi Sistem Informasi pengaduan pelanggan yang memilik fitur kelola user, kelola pelanggan, kelola pengaduan, kelola tindaklanjut, monitoring pengaduan dan laporan.