SISTEM INFORMASI PERMINTAAN BENDA POS DAN MATERAI BERBASIS WEB PADA KANTOR POS KEBUMEN 54300

Authors

  • Filiana Rismawati
  • Shiyami Milwandhari
  • Muhamad Ibnu Choldun R.

Keywords:

Sistem informasi, benda pos dan materai, Unified Modelling Language (UML), PHP, SMS Gateway

Abstract

Salah satu permasalahan yang sering  dihadapi oleh setiap kantor pos cabang (KPC) adalah saat pemesanan benda pos dan materai ke kantor Pos Pemeriksa (KPRK) yang masih menggunakan kertas N2A tersebut dapat hilang atau tercecer, sehingga permintaan BPM dari KPC tidak dapat terpenuhi. N2A tersebut dibuat oleh KPC untuk melakukan permintaan BPM ke KPRK, KPRK memeriksa pesanan dari setiap KPC yang cukup banyak membuat informasi yang dihasilkan kurang akurat sehingga proses mengelola datanya tidak efektif. Sehingga dibuatlah sebuah Sistem Informasi Permintaan Benda Pos dan Materai berbasis Web, yang akan memudahkan KPC saat melakukan permintaan BPM ke KPRK, dan KPRK pun akan lebih mudah mengolah data tersebut, sehingga datanya lebih akurat dan efektif. Metodologi  yang digunakan adalah metodologi waterfall. Tahapan dimulai dengan tahapan analisis yang proses permintaan bpm yang sedang berjalan. Tahapan pembangunan sistem informasi ini menggunakan bahasa pemodelan Unified Modeling Language (UML). Sistem yang dibangun adalah menggunakan tahap implemetasi bahasa pemrograman PHP dengan framework CodeIgniter dan basis data menggunakan database MySQL dengan fitur tambahan SMS Gateway. Sistem ini dibangun berbasis web yang dapat diakses oleh instansi terkait. Berdasarkan hasil implementasi yang dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa sistem informasi ini dapat mengelola data permintaan bpm yang dapat diakses olh staff KPC, tampil laporan yang berupa rekapan dan grafik, serta terdaapatnya notification melalui sms yang diterima oleh setiap staff loket KPC saat dikirimkannya BPM dari bagian KPRK

Published

2015-03-21