Sistem Informasi Manajemen Kiriman Korporat Berbasis Web di Kantor Pos Jepara
Keywords:
Sistem Informasi, Manajemen Kiriman Korporat, Waterfall, BPMN, UMLAbstract
Proses manajemen kiriman korporat di Kantor Pos Jepara dilakukan dengan cara yang masih belum efektif, masih banyak terjadinya kehilangan dan kerusakan arsip serta lama dibuatnya tagihan untuk pihak mitra juga jelas merugikan pihak kantor pos. Hal tersebut yang menjadi latar belakang dibuatnya sistem ini untuk mempermudah dan membantu alur proses manajemen kiriman korporat yang ada saat ini. Sistem yang dibuat tersebut memiliki ruang lingkup yang terbatas pada proses pengelolaan data mitra korporat hingga pengelolaan laporan. Berdasarkan hasil analisis pada proses yang sedang berjalan saat ini terdapat 4(empat) kegiatan utama yaitu kelola PKS, kelola backsheet, kelola tagihan dan pembayaran dan kelola laporan. Dari hasil analisis yang didapat maka didapatkan kebutuhan system dengan fungsional system yaitu kelola user, kelola mitra korporat, kelola PKS, kelola piutang, kelola tagihan, kelola pembayaran dan kelola laporan. Hasil dari Sistem Informasi Manajemen Kiriman Korporat Berbasis Web di Kantor Pos Jepara adalah sistem yang memiliki fitur untuk pengolahan data yang berkaitan dengan manajemen kiriman korporat hingga menjadi sebuah laporan yang memudahkan para penggunanya yaitu KKP (Kepala Kantor Pos), AE (Account Executive), Kasir, dan pihak Mitra Korporat yang bekerjasama.