SIRECHAT: SISTEM INFORMASI REALTIME CHAT HUBUNGAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN CHATBOT BERBASIS WEBS

STUDI KASUS: PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR

Authors

  • Ibnu Choldun
  • Aryaputra Wicaksono
  • Virdiandry Putratama

Keywords:

real time chat, UML, hubungan masyarakat, BPMN

Abstract

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur atau biasa disingkat PPSDM Aparatur adalah sebuah perkantoran dibawah naungan Kementerian ESDM, berdasarkan peraturan pemerintah No.13/2016 mengenai OTK KESDM, PPSDM Aparatur mempunyai tugas untuk menerima aduan terhadap instansi dari masyarakat sekitar PPSDM, Hubungan Masyarakat adalah bagian yang bertugas untuk menangani masalah itu agar masyarkat dapat memberikan aduan, Ditambah disaat membuat aduan masyarakat harus mengisi form surat yang menyebabkan penumpukan dokumen yang telah di berikan oleh masyarakat terhadap Hubungan Masyarakat PPSDM aparatur.Maka dari itu diracang sebuah sistem yang bernama Realtime chat menggunakan chatbot  memudahkan cara berkomunikasi antara Masyarakat dengan Hubungan Masyarakat dan dapat memaksimalkan kinerja dari Hubungan Masyarakat.Menggunakan  metode System Development Life Cycle (SDLC) menggunakan model Prototyping, dilanjutkan analisis untuk menguraikan suatu sistem informasi yang utuh dengan maksud untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan mulai dari bisnis user yang terlibat hingga mengevaluasi proses bisnis yang berjalan menggunakan Businees Process Modelling Notation (BPMN), serta implementasi sistem menggunakan Unified Modelling Language (UML).

Downloads

Published

2022-12-28