Mile App Monitoring Pengiriman dan Pembayaran Cash On Delivery (COD)
Studi Kasus: PT Pos Indonesia (Persero)
Keywords:
Pengelolaan Operasi, System Development Life Cycle (SDLC), Cash On Delivery (COD)Abstract
PT. Pos Indonesia adalah salah satu perusahaan BUMN yang bergerak pada pengiriman surat dan barang di seluruh Indonesia, serta menyediakan layanan keuangan seperti penjualan prangko, transfer uang, dan asuransi. PT. Pos Indonesia juga memiliki layanan pengiriman internasional dan bekerja sama dengan mitra bisnis di luar negeri dan memiliki sebuah divisi Pengelolaan Operasi yang memiliki peran Pengelolaan Operasi. Dalam perancangan sistem informasi ini menggunakan metode SDLC. System Development Life Cycle (SDLC) adalah siklus pengembangan system.Pengembangan system teknik (engineering system development). SDLC tersebut berfungsi untuk menggambarkan tahapan-tahapan utama dan Langkah-langkah dari setiap tahapan yang secara garis besar terbagi dalam lima kegiatan utama, yaitu: analisis, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Adapun yang elah dihasilkan suatu rancangan pengembangan sistem monitoring pengiriman COD yang aman melalui penyediaan fitur hak akses serta menampilkan data petugas dan kantor secara detail dan dihasilkan suatu rancangan pengembangan sistem monitoring pengiriman COD yang memiliki fitur pengelolaan laporan serta dihasilkan suatu rancangan pengembangan sistem monitoring pengiriman COD yang miliki tanggal update pengiriman, pembayaran, serta penyetoran dan status pada rincian pengiriman.