SISTEM INFORMASI PEMESANAN FRAME (B2B) (STUDI KASUS: PT. FOCUS GAYA GRAHA)
Keywords:
Sistem Informasi, Pemesanan, Metode RAD, UMLAbstract
Penerapan sistem informasi pemesanan pada PT. Focus Gaya Graha sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi, seperti kesalahan pada pendataan pemesanan, pada proses pembuatan invoice dan pembayaran masih manual yang menghambat pada saat pelalporan oleh administrasi. Maka dibangun sistem informasi yang mengelola data pemesanan, invoice dan pembayaran menjadi otomatis dan memudahkan dalam pelaporan pemesanan yang menggunakan metode pengembangan sistem Rapid Application Development (RAD). Dalam analisis dan perancangan sistem ini metode pendekatan yang digunakan yaitu berorientasi objek. Tahapan analisis menggunakan Flowmap yang mencakup customer melakukan pemesanan frame, lalu adminstrasi membuat invoice, melakukan pembayaran sesuai invoice dan melakukan penyapan frame sesuai pesanan customer. sebagai pendeskripsian proses yang sedang berjalan. Dalam pemodelan perancangan sistem di
gambarkan dengan UML (Unified Modelling Language) dan model data yang dikelola adalah kelola user, kelola frame, kelola jenis frame, kelola customer, kelola pemesanan, dan kelola invoice dengan user terdiri dari customer, administrasi dan direktur yang di gambarkan dengan Class Diagram. Pada tahap implementasi dihasilkan mengelola login, user, pemesanan, customer, frame, jenis frame, invoice, pembayaran dan dihasilkan
laporan pemesanan. Setelah melakukan implementasi maka telah dibangun sistem informasi pemesanan frame (B2B) yang mengotomatisasikan pemesanan, invoice, dan pembayaran yang memudahkan dalam pelaporan perbulan kepada direktur PT. Focus Gaya Graha.