OPTIMASI PENGIRIMAN Q9 SAMEDAY SERVICE DI POSTAL PROCESSING CENTRE BANDUNG 40400
Program Studi D III Teknik Informatika, Politeknik Pos Indonesia
Keywords:
Vehicle Routing Problem, Pulp, Python, Pos IndonesiaAbstract
Pos Indonesia adalah perusahaan terbesar di Indonesia yang melayani pengiriman barang maupun jasa. Dalam meningkatkan layanan pengiriman, Pos Indonesia melakukan berbagai inovasi salah satunya adalah layanan Q9 Sameday Service yang merupakan layanan dalam kota dimana barang yang dikirim harus sampai kepada tujuan dalam waktu maksimum 9 jam. Dalam proses distribusi Pos Indonesia telah memiliki model pengantaran dengan penjadwalan kendaraan dan rute yang sudah berjalan. Namun dalam menangani Q9 Sameday Service yang memiliki karakteristik tertentu diperlukan inovasi untuk menyesuaikan kemampuan mengantar kepada pelanggan dengan tepat waktu. Implementasi Traveling Salesman Problem menjadi salah satu model dengan pertimbangan ketepatan waktu, jarak, dan jumlah kendaraan yang diperlukan dalam melakukan distribusi kiriman. Dalam studi kasus ini, agar fleksibiltas penyelesaian TSP lebih mudah maka digunakan varian selanjutnya yaitu dengan metoda penyelesaian Vehicle Routing Problem (VRP). Masalah VRP ini diselesaikan dengan linear programming menggunakan paket PuLP Python untuk menghasilkan solusi optimal. Hasil optimum pengiriman dilakukan dengan 4 kendaraan dengan waktu perjalanan terlama 1,646 jam dan total jarak yang ditempuh 136,11 km.