Sentimen Analisis Aplikasi Posaja Pada Google Playstore Untuk Peningkatan Pospay Superapp Menggunakan Support Vector Meachine

Authors

  • Roni Andarsyah Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Amri Yanuar Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

Keywords:

PosAja, Superapp, SVM, Clasification

Abstract

Pada saat ini PT Pos meluncurkan aplikasi terbaru yaitu Pospay SuperApp yang saling terintegrasi antara Pospay dan Posaja, penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis sentimen terhadap aplikasi Posaja di Google PlayStore dengan menggunakan metode Support Vector Machine (SVM). Data akan dikumpulkan dari ulasan pengguna aplikasi Posaja di PlayStore menggunakan teknik web scraping. Setelah data dikumpulkan, akan dilakukan preprocessing untuk membersihkan dan mempersiapkan data. Selanjutnya, model SVM akan dilatih menggunakan dataset yang telah diproses. Untuk peningkatan dan perkembangan Pos Pay SuperApp hasil analisis sentimen akan digunakan untuk memberikan rekomendasi kepada pengembang PosPay SuperApp dalam meningkatkan pengalaman pengguna. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan yang berharga dalam memahami sentimen pengguna terhadap aplikasi Posaja yang telah digabung dengan Pospas menjadi PosPay SuperApp dan memberikan panduan untuk meningkatkan kualitas dan kepuasan pengguna. Analisis sentiment ini dilakukan menggunakan 5759 data dengan pembagian 75% menjadi data training dan 25% menjadi data testing dengan hasil akurasi sebesar 88,1% hasil positif

Downloads

Published

2024-04-01