Implementasi Data Mining Dengan Metode K-Means Clustering Untuk Menentukan Iklan Audio Berdasarkan User Behaviors Pada Aplikasi Audio Social Media Svara Di Pt. Zamrud Khatulistiwa Technology
Abstract
Pada penelitian ini diterapkan proses data mining dengan teknik clustering dan menggunakan metode k-means clustering. Dari metode yang digunakan tersebut diterapkan untuk proses pengolahan data set user dan menghasilkan cluster dari data yang telah diolah. Setelah cluster dihasilkan maka user akan mendapatkan rekomendasi iklan sesuai dengan cluster-nya dan iklan yang diberikan ditentukan berdasarkan behaviors dari user terhadap akses content di aplikasi SVARA. Dari proses penelitian menyatakan bahwa hasil clustering data set user berdasarkan akses content album terdapat 3 cluster dimana cluster ke-0 jumlah count tertinggi sebesar 227 kali dengan genre musik pada album adalah Pop, cluster ke-1 jumlah count tertinggi sebesar 310 kali dengan genre musik pada album adalah Jazz Singer, cluster ke-2 jumlah count tertinggi sebesar 257 kali dengan genre musik pada album adalah Pop. Sedangkan untuk hasil clustering data set user berdasarkan akses content artist terdapat 3 cluster di mana cluster ke-0 jumlah count tertinggi sebesar 219 kali dengan genre musik pada artist adalah Pop, cluster ke-1 jumlah count tertinggi sebesar 371 kali dengan genre musik pada artist adalah Pop, cluster ke-2 jumlah count tertinggi sebesar 283 kali dengan genre musik pada artist adalah Pop.