Penerapan Algoritma K-Means Pada Aplikasi E-Commerce Untuk Mengetahui Minat Customer Di Toko X
Keywords:
E-commerce, Algoritma K-Means, HandphoneAbstract
E-commerce pada dasarnya merupakan suatu kontak transaksi perdagangan antara penjual dan pembeli dengan menggunakan media internet. Pada saat ini pengelola e-commerce telah memiliki cara dalam menjaga hubungan yang baik dengan customer yaitu dengan melihat minat customer pada pembelian produk, namun masih banyak pengguna yang melakukan pengamatan dan pencatatan secara manual. Maka perlu aplikasi yang dapat mewujudkan pencatatan data transaksi penjualan yang lebih cepat dan terstruktur. Dalam penelitian ini dilakukan penerapan algoritma k-means pada aplikasi e-commerce untuk mengetahui minat customer. Berdasarkan hasil perhitungan aplikasi yang diperoleh secara otomatis oleh sistem menyatakan terdapat 3 kali melakukan iterasi, iterasi 1 mendapatkan rasio 0.43974744335375, iterasi 2 mendapatkan rasio 0.65662905003391 dan iterasi 3 hasil rasionya sama dengan iterasi 2. Handphone yang paling diminati oleh customer adalah ASUS ZenFone Max Pro, Vivo Y71, Vivo V9 dan OPPO A83, sedangkan handphone yang peminatnya sedikit yaitu Vivo Y83, Xiaomi Redmi Note 5, Xiaomi Mi MIX 2S dan OPPO A71.