APLIKASI PEMESANAN BAHAN BAKAR MINYAK MELALUI MEDIA WHATSAPP MENGGUNAKAN ALGORITMA WHATSAPP GATEWAY (STUDI KASUS: PT. PERTAMINA PATRA NIAGA)

Authors

  • Tiara Rizki Wulansari Politeknik Pos Indonesia
  • Woro Isti Rahayu
  • Noviana Riza

Keywords:

PT. Pertamina Patra Niaga, Monitoring, Whatsapp Gateway, Bahan Bakar Minyak, TAM

Abstract

PT. Pertamina Patra Niaga merupakan anak perusahaan PT. Pertamina (Persero) sebagai perusahaan yang bergerak di bidang usaha sektor hilir industri minyak dan gas. Perusahaan ini mengatur untuk pengiriman bahan bakar minyak ke SPBU. Masalah yang terjadi pada perusahaan ini yaitu kantor pusat tidak bisa mendata rekapan permintaan bahan bakar minyak dikarenakan sistem dalam pemesanan bahan bakar sudah bisa menggunakan whatsapp. Berdasarkan wawancara bersama narasumber tanggal 10 Januari 2019 pukul 13.00 WIB menjelaskan bahwa kepala SPBU diperbolehkan melakukan pemesanan bahan bakar minyak melalui media whatsapp. Tetapi, kantor pusat sedikit kewalahan saat melakukan perekapan atau bahkan lupa untuk mencatatnya. Dengan terjadinya kesalahan tersebut, membuat perusahaan rugi besar. Maka dibutuhkan analisa dan aplikasi untuk membantu kantor pusat dalam merekap data permintaan. Dalam hal ini, aplikasi dirancang menggunakan algoritma whatsapp gateway sebagai metode. Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi pemesanan bahan bakar minyak melalui media whatsapp. Aplikasi ini hanya digunakan oleh kantor pusat dan awak mobil tangki untuk validasi pengiriman bahan bakar minyak.

Published

2019-04-30