ANALISIS DATA MINING MENGUNAKAN ALGORITMA FUZZY C-MEANS UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PROMOSI POLITENIK POS INDONESIA

Authors

  • Nisa Hanum Harani
  • Cahyo Prianto

Keywords:

data mining, FCM, akademik, promosi

Abstract

Pengelolaan pendidikan menjadi sangat penting, dimana pertumbuhan dan perkembangan lembaga dipengaruhi oleh kemampuan administrator dalam melakukan scaning lingkungan eksternal, kompetitor lembaga lain dan memperhitungkan kompetensi internal. Seiring dengan persaingan yang ketat antar perguruan tinggi, strategi promosi adalah kunci utama dalam meningkatkan jumlah calon mahasiswa. Perguruan tinggi harus lebih proaktif dalam mencari calon mahasiswa istilahnya adalah “ jemput bolaâ€. Kegiatan penerimaan mahasiswa baru politeknik pos indoneisa menghasilkan data mahasiswa yang sangat berlimpah berupa data profil mahasiwa dan data kegiatan perkuliahan. Pengolahan data mahasiwa dapat menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi politeknik pos dalam membantu pihak PMB sebagai materi pertimbangan dalam menentukan strategi promosi penerimaan mahasiwa baru .
Metode cluster yang dipakai adalah FCM (Fuzz Logic Clustering), berbeda dengan metode clustering biasa FCM mengandalkan logika kabur dalam membagi data kedalam beberapa kelompok. Keluaran dari FCM berbeda dengan Fuzzy logic, namun berupa deretan cluster dan beberapa derajat keangotaan untuk tiap kelompok. Metode penelitian yang di pakai adalah DSRM (Design Science Research Methodology). Hasil dari penelitian ini berupa pengelempokan data mahasiswa melalui pesebaran wilayah, pengelompokan tersebut dapat digunakan sebagai salah satu dasar pengambilan keputusan untuk menentuka strategi promosi berdasarkan cluster. Implementasi mengunakan Matlab untuk membantu memodelkan data yang akurat. Atribut yang digunakan adalah kota asal, prodi dan IPK mahasiswa.

Published

2019-04-30