PENILAIAN DI DALAM PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BLENDED LEARNING DI SEBUAH POLITEKNIK
Keywords:
Assessment, blended learning, scaffolding, pembelajaran bahasa InggrisAbstract
Penilaian (assessment) tertentu diperlukan untuk lingkungan blended learning tertentu sesuai dengan lingkungan yang dimaksud. Pembelajaran dengan lingkungan blended learning pun dilakukan di sebuah politeknik di Bandung, Indonesia, dengan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Oleh karena itu di dalam lingkungan tersebut diperlukan suatu penilaian (assessment), terhadap partisipan sebanyak 7 orang.
Penelitian ini menggunakan desain kualitatif agar tujuan penelitian dapat tercapai yakni untuk membuat langkah-langkah pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik tugas tertentu di dalam lingkungan blended learning. Langkah-langkah tersebut terdapat di dalam suatu siklus scaffolding, yakni prepare, task, dan elaborate. Kemudian dari langkah-langkah tersebut akan dilakukan suatu penilaian (assessment) dengan menggunakan suatu pendekatan. Pendekatan yang dimaksud adalah triad assessment approach yang bertujuan untuk mengobservasi performa siswa di dalam tugas yang dibuatnya, untuk memberikan diagnosa terhadap kesalahan persepsi di dalam membuat tugas, dan untuk memberikan feedback tambahan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa langkah persiapan (prepare) telah membuat siswa berhasil mencapai hasil yang seperti yang diharapkan, elaborasi dapat dilakukan oleh partisipan dengan pencapaian tinggi, dan langkah prepare harus dilakukan lagi sebagai bentuk dari feedback lanjutan bagi partisipan dengan pencapaian rendah. Diharapkan ke depannya self assessment dan peer assessment dapat dilakuka di dalam program ini sebagai bentuk langkah persiapan yang dapat menghasilkan tugas dan melakukan elaborasi terhadap tugas terutama bagi partisipan dengan pencapaian rendah.