Perbaikan Proses Kerja Menggunakan Metode Six Sigma Pada Bagian Pemasaran Kantor Pos Bandung

Authors

  • Agus Purnomo Politeknik Pos Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46369/logistik.v10i02.1123

Keywords:

Six Sigma, External Id, Customer Complaint, Improvement, DMAIC

Abstract

Proses Kerja di bagian Pemasaran PT Pos Indonesia penting dilakukan dengan baik karena aktivitas ini berhubungan dengan pelayanan terhadap pelanggan. Saat ini banyak terdapat keluhan-keluhan dari pelanggan terkait proses kerja yang berdampak merugikan pelanggan dan juga PT Pos Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah melakukan perbaikan proses kerja pada Bagian Pemasaran Kantor Pos Bandung dengan Metode Six Sigma dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Permasalahan yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki adalah Kesalahan External id pada penginputan ke Ipos-Web yang berdampak pada ketidakpuasan konsumen dan berdampak pada neraca, backsheet maupun tagihan yang akan dilakukan oleh PT Pos Indonesia. Upaya yang perlu dilakukan untuk memperbaiki Kesalahan External id yaitu : perlunya peningkatan peran Manajer dalam melakukan pengawasan kerja, perlunya briefing sebelum pekerjaan dimulai, adanya reward dan punishment untuk meningkatkan produktivitas staf, membuat daftar Kode External Id Customer yang ditempatkan di meja entri komputer, serta peningkatan kapasitas bandwith dan perluasan akses internet.

References

Gaspersz, Vincent. Total Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2005.

Pyzdek, T. The Six Sigma Handbook, New York: McGraw-Hill. (2000).

Heizer, J., Render, B., and Munson, C.. Operations Management : Sustainability and Supply Chain Management. 12th edition. Pearson Education : Boston. 2017

Kumar, S., & Sosnoski, M. Using DMAIC Six Sigma to systematically improve shopfloor production quality and costs, International Journal of Productivity and Performance Management. 2009; 58(3), 254-273.

Mehrjerdi, Y. Z. Six Sigma: Methodology, tools and its future. Assembly Automation. 2011; 31 (1), 79 - 88.

Pusporini, P., Andesta, D. Integrasi Model Lean Sigma Untuk Peningkatan Kualitas Produk. Jurnal Teknik Industri. 2009; Vol. 10,No.2: 91-97.

Sokovic, M., Pavletic, D., & Pipan, K. K. Quality improvement methodologies - PDCA cycle, RADAR matrix, DMAIC and DFSS. Journal of Achievements in Materials and Manufacturing Engineering. 2010; 43(1), 476-483.

Vanany, I. dan Emilasari, D. Aplikasi Six Sigma pada Produk Clear File di Perusahaan Stationary. Jurnal Teknik Industri. 2007; Vol. 9 No. 1,: 27-36.

Downloads

Published

2020-11-30