Pengaruh Kualitas Informasi, Harga Produk Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Minat Beli Konsumen di Zalora
DOI:
https://doi.org/10.46369/logistik.v11i1.1375Keywords:
Kualitas Informasi, Harga Produk, Kepercayaan Pelanggan, Minat Beli, Regresi Linear BergandaAbstract
ZALORA Indonesia merupakan pusat fashion di Indonesia dengan wawasan trend fashion global, yang didirikan pada tahun 2012 di Asia, ZALORA adalah bagian dari Global Fashion Group, fashion online group terbesar untuk pasar negara berkembang. Situs ZALORA menawarkan koleksi merk internasional dan lokal kualitas terbaik untuk seluruh kategori pakaian, sepatu, aksesoris, dan kategori kecantikan untuk pria dan wanita. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas informasi, harga produk dan kepercayaan pelanggan terhadap minat beli di ZALORA.
Penelitian ini terdiri dari empat variabel yaitu variabel kualitas informasi, harga produk, kepercayaan pelanggan dan minat beli. Data yang di dapat dari hasil penyebaran kuesioner kepada pengguna e-commercer ZALORA. Untuk mengukur pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen digunakan uji validitas, dan reliabilitas, uji asumsi klasik serta uji regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Tingkat pengaruh variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y) sebesar 70,2% dapat dikatakan dalam kategori sangat baik. (2) Pengaruh kualitas informasi (X1) terhadap minat beli (Y) tidak berpengaruh signifikan secara parsial. (3) Pengaruh harga produk (X2) terhadap minat beli (Y) berpengaruh positif signifikan secara parsial. (4) Pengaruh kepercayaan pelanggan (X3) terhadap minat beli (Y) berpengaruh positif signifikan secara parsial (5) Kualitas informasi, harga produk dan kepercayaan pelanggan berpengaruh positif signifikan secara bersama-sama terhadap minat beli.
References
Atsania, Rachmatunisa Novari (2019) “Pengaruh Media Sosial Instagram terhadap Penjualan di PT Infia Niaga Digital Menggunakan Metode Analisis Regresi Linier Berganda”. Politeknik Pos Indonesia.
Dwi Gama Primadasa, Harjum Muharam (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listed Di Bei Tahun 2008 – 2012
Florida Tilaar, Joyce Lapian, Ferdy Roring dengan judul “Pengaruh Kepercayaan, Dan Motivasi Terhadap Minat Beli Pengguna Shoppe Secara Online Pada Anggota Pemuda Gmim Zaitun Mahakeret
Indrawan, Yaniawati (2016). Buku Metodologi Penelitian. Penertbit : PT Refika Aditama, Bandung.
IdEA/Indonesia E-commerce Association, 2020
Indonesia Millenial Report 2019, IDN Research Institute
Jaya, Sofia (2016). Studi Deskriptif Kuantitatif: Prokratinasti Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitras Sanata Dharma. Fakultas Psikologi, Universitas Sanata Dharma.
Kelvin Ferdianto Handoko (2018) dengan judul “Pengaruh Desain Visual Kemasan, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Produk Serundeng Mr. Gora Secara Online
Konferensi Nasional Sistem Informasi 2018, STMIK Atma Luhur
Lili Salfina dan Heza Gusri (2018) dengan judul “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Pakaian Anak-Anak Studi Kasus Toko Rizky Dan Afdal Pariaman
Nisa, Athiyah Sholihatun and , Drs. Wiyadi, M.M., Ph.D. (2018). Analisis Pengaruh Harga Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang dalam Berbelanja Online di Instagram. Studi Empiris pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Konsumen & Kreativita Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Online-Shop
Siti Khairani (2015) dengan judul “Pengaruh Kepercayaan Kualitas Informasi Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Membeli Melalui Media Sosial
Suryanto, Tommy. (2018). Penerapan E-Marketplace pada Distro Silver Squad.
We are Social dan Hootsuite, 2020
Yusuf, Inneke Nadya Yashinta and , Drs. Wiyadi, M.M., Ph.D (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli Ulang di E-Commerce Shope.