Dampak COVID-19 Terhadap Kualitas Pelayanan Perusahaan Kurir Logistik Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.46369/logistik.v11i1.1377Keywords:
Logistic Service Quality, COVID-19, Jasa Kurir Logistik, Analisis VarianAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan penilaian persepsi pelanggan jasa kurir mengenai kualitas pelayanan jasa kurir pada masa pandemi Covid-19 di Indonesia dibandingkan sebelum terjadinya pandemi covid-19. Kualitas pelayanan jasa kurir diukur dengan Logistic Service Quality (LSQ). Kuesioner dibagikan kepada 115 responden pengguna jasa kurir di Indonesia. Hasil analisis varian menunjukkan bahwa dari 13 variabel LSQ yang ditanyakan terdapat empat variabel Logistic Service Quality yang dinilai berbeda pada masa pandemi dengan sebelum pandemi, yaitu Penanganan order, Keselamatan dan keamanan saat pengiriman, kesesuaian waktu penanganan order, dan kesesuaian waktu transportasi.
References
Cai Q, Yang M, Liu D, et al. Experimental Treatment with Favipiravir for COVID-19: An Open-Label Control Study. Engineering. 2020;6(10):1192-1198. doi:10.1016/j.eng.2020.03.007
Restuputri DP, Indriani TR, Masudin I. The effect of logistic service quality on customer satisfaction and loyalty using kansei engineering during the COVID-19 pandemic. Cogent Bus Manag. 2021;8(1):0-35. doi:10.1080/23311975.2021.1906492
Biswas TK, Das MC. Selection of the barriers of supply chain management in Indian manufacturing sectors due to Covid-19 impacts. Oper Res Eng Sci Theory Appl. 2020;3(3):1-12. doi:10.31181/oresta2030301b
Thai V V. Logistics service quality: Conceptual model and empirical evidence. Int J Logist Res Appl. 2013;16(2):114-131. doi:10.1080/13675567.2013.804907
Tedjakusuma AP, Delananda A, Andajani E. Pengaruh Logistics Service Quality Terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty Pada Industri Ritel di Indonesia. KELUWIH J Sos dan Hum. 2020;1(1):21-29. doi:10.24123/soshum.v1i1.2669