Analisis E-Service Quality Mobile Apps dan E-Promotion Mobile Apps pada Keputusan Pembelian Layanan Traveloka

Authors

  • Aditia Sovia Pramudita Politeknik Pos Indonesia
  • Rahayu Eka Agustia Politeknik Pos Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46369/logistik.v11i1.1380

Keywords:

E-service Quality Mobile Apps, E-Promotion Mobile Apps, Keputusan Pembelian

Abstract

Indonesia memiliki tingkat pertumbuhan Information Communication Technology (ICT) yang cukup tinggi di dunia. Hal tersebut mengubah banyak hal pada kehidupan sehari-hari termasuk bisnis. Perubahan model bisnis perlu dilakukan oleh para pelaku bisnis untuk dapat tetap bertahan di industri. Selain itu, perubahan perilaku konsumen pun mulai terjadi sehingga para pelaku bisnis perlu untuk menangkap kebutuhan dan keinginan dari konsumen tersebut. Perubahan pun terjadi pada industri agen travel. Penjualan layanan harus dapat dilakukan secara online melalui online distribution channel dan memunculkan istilan Online Travel Agent. Traveloka, sebagai salah satu perusahaan OTA terbaik di Indonesia, mengalami penurunan traffic. Penelitian ini memiliki fokus pada pengukuran layanan Traveloka di mobile apps dengan tujuan mengukur pengaruh e-service quality dan e-promotion terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dilakukan pada periode Maret-Agustus 2020. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-service quality dan e-promotion memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kedua variabel tersebut secara simultan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 22.1%.

References

Anggraeni, Penia & Putu Rina Madiawati (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Situs www.traveloka.com; Jurnal e-Proceeding of Management: Vol.3, No.2 Agustus 2016.

Aprilia Pratiwi, Hildha (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Traveloka di Yogyakarta, Juli 2018. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Arum, R, Sekar (2019). Pengaruh Personal Selling terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Layanan Trucking PT Iron Bird Logistics), Agustus 2019. Politeknik Pos Indonesia Bandung.

Hendriyati, Lutfi (2019). Pengaruh Online Travel Agent terhadap Pemesanan Kamar di Hotel Mutiara Malioboro Yogyakarta; Jurnal Media Wisata, Volume 17, Nomor 1, Mei 2019. https://osf.io/e3st8/download/?format=pdf

Pramudita, A. S. (2018). Formulasi Model Bisnis Hostel di Bandung dengan Pendekatan Value Chain dan Business Model Canvas ( Studi Kasus : Pinisi Backpacker ), II(1), 32–38. https://doi.org/10.36217/ibmr.v2i1.44

Pramudita, A. S. (2019). PENGUKURAN PERFORMA DIGITAL DISTRIBUTION CHANNEL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HOSTEL PADA PINISI BACKPACKER DENGAN MULTINOMIAL LOGISTIC REGRESSION. Jurnal Competitive, 14(2).

Pramudita, A. S. (2019). Pengukuran performa digital distribution channel terhadap keputusan pembelian hostel pada Pinisi Backpacker dengan multinomial logistic regression. Competitive, 14(2), 1-8.

Pramudita, A. S., Yanuar, A., & Hilman, T. (2019). Business model formulation for e-newspaper in Indonesia (Case study: Pikiran Rakyat). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 20(1), 15-31.

Pramudita, A.S., Bisma, M.A., Guslan, D. (2020). The Distribution Channel Preferences in Purchase Decision-Making of Backpacker Hostel Customers. https://doi.org/10.21512/bbr.v11i2.6241

Puspita Sari, Dita (2016). Pengaruh Iklan, Harga, dan E-Service Quality terhadap Repurchase Intention pada Pengguna Online Travel Agent Traveloka, Mei 2016. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

SimilarWeb. (2020). Website testing on Traveloka.com. https://www.similarweb.com/website/traveloka.com/

We are social and Hootsuite. (2020). Digital 2020 April Global Statshot Report. https://wearesocial.com/blog/2020/04/digital-around-the-world-in-april-2020

Widowati, Hari (2019). Indonesia Jadi Negara dengan Pertumbuhan E-Commerce Tercepat di Dunia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/04/25/indonesia-jadi-negara dengan-pertumbuhan-e-commerce-tercepat-di-dunia

Downloads

Published

2021-05-30