Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Jasa Gudang HLC PT MTI Cabang Jakarta

Authors

  • Dani Leonidas Sumarna Politeknik Pos Indonesia
  • Indri Fazria Ramadhani Politeknik Pos Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46369/logistik.v11i2.1596

Keywords:

Tangible, Responsiveness, Reliability, Empathy , Assurance, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen gudang HLC PT MTI Cabang Jakarta.. Penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 99 responden yang diperoleh dari konsumen gudang HLC PT MTI Cabang Jakarta, dengan penyebaran kuesioner secara online. Hasil pengujian terhadap keenam hipotesis dapat disimpulkan bahwa variabel reliability  memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen konsumen gudang HLC PT MTI Cabang Jakarta. Hasil uji Koefisien Determinasi menunjukan bahwa nilai variabel Tangible (X1), Reliability (X2), Responsiveness (X3), Assurance (X4), Empathy (X5) berpengaruh terhadap variabel kepuasan konsumen sebesar 62% sedangkan sisanya sebesar 38% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas pada penelitian ini.

References

Setiawan, Ajis, Nurul Qomariah, and Haris Hermawan. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen." Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia 9.2 (2019): 114-126.

Setiawan, Deny, and Rony Ika Setiawan. "Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Servis (Studi Kasus AHASS Kenari Motor)." Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) 3.1 (2018)

William, William, and Tiurniari Purba. "Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Mazda di Kota Batam." Jurnal EMBA:Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 8.1 (2020).

Handi Irawan. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo (Gramedia) 2009 h. 57-59.

Muhammad Adam. Manajemen Pemasaran Jasa. (Bandung: Alfabeta, 2015) h. 11-12.

Nur Aswawi dan Masyhuri. Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. (UIN-Malang: UIN Malang Press, 2009) h. 130-131.

Philip kottler & Keller. Manajemen Pemasaran (13 ed.). Jakarta: Erlangga, 2008 h. 139.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. 2018. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-11-30