Analisis Faktor Logistic Service Quality pada Jasa Kurir di Indonesia Berdasarkan Persepsi Pengguna Jasa Kurir

Authors

  • Dani Leonidas Sumarna Lecturer

Keywords:

Logistic Service Quality, Logistic Service Provider , Analisis faktor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun model LSQ dengan melakukan validasi atribut-atribut kualitas terkait LSP dengan respondennya adalah pengguna jasa kurir, sehingga diharapkan dapat menghasilkan model LSQ hasil persepsi pelanggan pengguna jasa LSP di Indonesia. Metode yang digunakan adalah analisis faktor. 240 responden pengguna jasa kurir telah memberikan penilaian persepsi terhadap atribut-atribut kualitas yang dianggap penting bagi jasa kurir berdasarkan persepsi pengguna jasa. Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa dari 32 variabel LSQ yang digunakan,  disaring menjadi 29 variabel yang dikelompokkan dalam 7 faktor. Namun, faktor-faktor yang terbentuk belum dapat dikatakan tepat untuk merangkum variabel-variabel LSQ.Dugaan peneliti yang menjadi penyebab hal tersebut adalah terlalu homogennya latar belakang Pendidikan responden yang mengisi kuesioner

References

Cleff, T. (2019). Applied Statistics and Multivariate Data Analysis for Business and Economics. In Applied Statistics and Multivariate Data Analysis for Business and Economics. https://doi.org/10.1007/978-3-030-17767-6

Er, M., Wasusri, T., Astuti, H. M., & Herdiyanti, A. (2015). The service quality of Indonesia’s logistics service provider in preparation for ASEAN economic community. Lecture Notes in Electrical Engineering, 349(January), 647–656. https://doi.org/10.1007/978-3-662-47200-2_68

Harrington, D. (2009). Confirmatory Factor Analysis (Pocket Guides To Social Work Research Methods). In Pocket Guides to Social Work Research Methods.

Tedjakusuma, A. P., Delananda, A., & Andajani, E. (2020). Pengaruh Logistics Service Quality Terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty Pada Industri Ritel di Indonesia. KELUWIH: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(1), 21–29. https://doi.org/10.24123/soshum.v1i1.2669

Thai, V. V. (2013). Logistics service quality: Conceptual model and empirical evidence. International Journal of Logistics Research and Applications, 16(2), 114–131. https://doi.org/10.1080/13675567.2013.804907

Zainal Fanani R, et al, . (2020). Analisis Logistic Service Quality untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Jasa Pengiriman JNE Express. J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 15(2), 73–81.

Downloads

Published

2022-05-24